Surat Suara Pilbup dan Pilgub Tiba di KPU Touna

0
- Advertisement -

Logistik Pilkada Sulteng berupa surat suara diturunkan dari mobil pengangkut saat tiba di Kantor KPU Tojo Una-Una yang disaksikan oleh pihak Bawaslu Kabupaten Touna dan mendapat pengawalan dari aparat kepolisian setempat. Foto : RAHMAN
========≠=========

PosoNews.id, Touna – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tojo Un-Una (Touna) menerima logistik Pilkada Serentak berupa surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng).

Logistik pilkada berupa surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna, tiba di kantor KPU Touna, Jumat (20/11/2020) malam (malam Sabtu). Sedangkan surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, tiba di kantor KPU Touna, Minggu (22/11/2020) siang.

Jumlah surat suara untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna diterima KPU Touna sebanyak 61 koli dengan jumlah sebanyak 120.019 Eksamplar
dengan rincian
118.019 Eksamplar Surat suara Pemilihan Bupati dan 2000 Eksamplar Surat Suara untuk PSU

- Advertisement -

Sedangkan jumlah surat suara untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng diterima KPU Touna sebanyak 60 koli dengan jumlah surat suara sebanyak
118,019 eksamplar atau lembar.

Logistik Pilkada tersebut diterima oleh Penghubung Antar Lembaga KPU Touna, Mansur dan disaksikan oleh pihak Bawaslu Kabupaten Touna.

Ketua KPU Kabupaten Touna, Dirwansyah Putra menjelaskan, logistik Pilkada berupa surat suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Touna, sudah termasuk 2,5 persen ditambah Daftar Pemilih Tetap (DPT) per Tempat Pemilihan Suara (TPS) serta 2.000 lembar surat suara untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Setelah kami menerima surat suara selanjutnya kami akan membentuk tim untuk melakukan sortir, pelipatan dan pengepakan sesuai tahapan yang ada,” ujar Dirwansyah.

Dia menjelaskan, untuk proses pelipatan surat suara, pihaknya akan melibatkan penyelenggara pemilu dalam hal ini PPK, masyarakat dan staf KPU.

Selain itu kata dia, pelipatan surat suara baik surat suara pwmiluhan Bupati dan Wakil Bupati Touna serta surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng membutuhkan waktu paling lama satu minggu.

“Kami berharap semua tahapan nantinya dapat berjalan lancar tanpa hambatan,” ucapnya.

Kedatangan surat suara di kantor KPU Kabupaten Touna mendapat pengawalan ketat oleh pihak kepolisian Polres Touna serta tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran coronavirus disease 2019 (Covid-19) serta pemyemprotan disinfektan ke barang yang tiba sebelum dimasukkan ke dalam gudang yang ada di KPU Touna. (RHM).

- Advertisement -