PKC PMII Sulteng Gelar PKL III di Poso

0
- Advertisement -

PosoNews.id, Poso- Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sulawesi Tengah, menggelar Pelatihan Kader Lanjut (PKL) ke-III dibumi Sintuwu Maroso Poso.

Kegiatan yang bertajuk “Agama Dan Pancasila Sebagai Dasar Berbangsa Dan Bernegara” itu, dilaksanakan selama sepekan 10-15 November 2020 di Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Ketua PB PMII Bidang Pengembangan Energi dan Sumber daya Alam, Wahyu Hidayat mengatakan, kegiatan PKL yang dilaksanakan secara langsung menahbiskan PMII sebagai salah satu organisasi mahasiswa terbesar di Indonesia.

Karena menurutnya, PMII saat ini telah memiliki 25 Pengurus Kordinator Cabang (PKC) dan 253 Pengurus Cabang (PC) serta memiliki 3 (tiga) cabang internasional. Yaitu, Maroko, Korea dan Jerman.

- Advertisement -

“Olehnya, saya sebagai putra daerah mempunyai tugas besar dalam mengawal kaderisasi di Sulteng,” ujarnya.

Moh. Arif selaku Ketua PKC PMII Sulteng menuturkan, bahwa PMII di Sulteng sudah memiliki delapan cabang. Enam cabang definitif dan dua cabang persiapan. Jadi, sudah seharusnya geliat kaderisasi ditingkatkan.

“Apapun rintangan dan tantangannya, kaderisasi harus terus dijalankan meskipun ditengah masa transisi New Normal seperti ini. Hal ini guna mempersiapkan kader PMII untuk mengisi posisi-posisi strategis di Sulteng,” tuturnya.

Ketua umum PC PMII Poso dan juga selaku panitia pelaksana, Moh. Rizal menambahkan, dilaksanakannya kegiatan ini di Kabupaten Poso untuk membuktikan bahwa Poso adalah daerah aman dan ramah. Serta, PMII merupakan basis terbesar di Sulteng.

“Poso ini merupakan daerah potensial yang masuk dalam sejarah PMII Sulteng. Sehingga Poso merupakan salah satu cabang tertua dan juga memiliki kader yang begitu banyak,” ungkap Rizal.

PKL yang terlaksana sekarang ini, lanjut Rizal, merupakan jenjang kaderisasi tingkat tiga dari empat tingkatan kaderisasi formal PMII. “Diantaranya yaitu, Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba), Pelatihan Kader Dasar (PKD), Pelatihan Kader Lanjutan (PKL) dan Pelatihan Kader Nasional (PKN),” jelasnya.

Sementara, Kepala Badan Kesbangpol Poso, M. Ari Pamungkas yang hadir mewakili Bupati Poso pada giat tersebut, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada PMII Poso selaku pelaksana, yang telah memberikan kesempatan untuk turut bersama-sama dalam kegiatan yang penting bagi peningkatan SDM khususnya untuk kader PMII Kabupaten Poso.

“Apresiasi dan terimakasih kami sampaikan kepada panitia pelaksana yang telah memberikan kesempatan untuk turut bersama-sama dalam kegiatan penting dan strategis bagi peningkatan SDM khususnya untuk kader PMII Kabupaten Poso,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut diikuti perwakilan cabang se-Sulawesi Tengah. Yaitu, kota Palu, Tolitoli, Banggai, Buol, Touna dan Poso. Masing masing cabang mengutus tiga orang anggotanya.

Berlangsungnya kegiatan tetap menerapkan protokol covid-19.(**)

- Advertisement -