KPP Palu Siaga SAR 24 Jam Khusus Libur Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW

0
- Advertisement -

PosoNews.id, Palu- Kantor Pencarian dan Pertolongan Palu menyelenggarakan Siaga SAR Khusus Libur Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW, selama 24 jam.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Palu Andrias Hendrik Johannes melalui Kepala Sub Seksi Operasi SAR, Andi Sultan melalui rilisnya menyebutkan, pihaknya berupaya dan berusaha melaksanakan response time lebih cepat dalam penanganan kecelakaan pesawat, kapal laut, bencana, kondisi membahayakan manusia serta kecelakan dengan penanganan khusus.

“Operasi Siaga SAR Khusus Libur Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2020 selama 24 jam tersebut diantaranya Siaga Komunikasi, Siaga Rescuer untuk Pos SAR Luwuk, Pos SAR Parigi Moutong, Unit Siaga SAR Toli-Toli dan Unit Siaga SAR Morowali, Siaga ABK, Siaga RB 239, dan RB 409 ( RIB 11), “jelasnya, Selasa (27/10/2020).

Dia menjelaskan, hal itu dilakukan agar bisa memenuhi tuntutan masyarakat terhadap pelayanan SAR yang cenderung meningkat, sesuai dengan tugas dan fungsi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan.

- Advertisement -

Sultan memaparkan, multiplayer efek dari sebuah rutinitas Hari Libur Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW, membuat tingginya animo masyarakat mengunjungi tempat wisata bersama keluarga serta sangat banyak aktivitas arus lalu lintas mudik sehingga harus berhadapan dengan kondisi yang sangat padat arus lalu lintas dan memicu terjadinya kecelakaan serta kondisi membahayakan jiwa manusia seperti kecelakaan transportasi, tenggelam, terseret arus dan bencana lainnya.

“Penyelenggaraan Siaga SAR Khusus Libur Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW ini akan dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober sampai dengan 2 November 2020 atau H-2 Hari Raya Maulid Nabi Muhammad SAW sampai dengan H+4 Hari Raya Maulid Nabi Muhammad SAW Mulai dari pukul 08.00 WITA sampai dengan selesai,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat dapat melaporkan kepada petugas terdekat jika terjadi kecelakaan serta kondisi membahayakan jiwa manusia seperti kecelakaan transportasi, tenggelam, terseret arus dan bencana lainnya, sehingga dengan cepat dapat ditangani.

“Kami siap melayani masyarakat dengan respon cepat jika ada laporan dari masyarakat ke petugas kami yang ada di pos-pos SAR yang ada di sejumlah daerah,” tandasnya. (*/RHM)

- Advertisement -