Poknak Mokora Desa Mora Morut Berkembang Pesat di Masa Pandemi

0
- Advertisement -

POSONEWS, Morut – Usaha kelompok peternak unggas yang tergabung dalam kelompok ternak Mokora di Desa Mora Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara (Morut),kian berkembang di masa pendemi Covid-19, karena permintaan hasil produksi ayam petelur mereka terus meningkat.

“Kelompok kami pun siap mengembangkan usaha ini secara mandiri dan berencana akan membuat peternakan yang lebih besar dengan memelihara 800 ekor ayam petelur,” kata Kades Mora Eliaser, Jumat (18/9/2020) sore.

Uno sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa berkembangnya usaha ayam petelur tak lepas dari campur tangan pemerintah melalui Dinas Perternakan yang telah menyalurkan bantuan modal sebesar Rp 200juta pada tahun 2019, Dana tersebut oleh kelompoknya digunakan untuk membuat kandang dan membeli 800 ayam petelur. Peternak juga memperoleh bekal pengetahuan yang cukup tentang berternak unggas yang baik saat selama mengikuti pelatihan dan pendampingan.

“Kini usaha kelompok kami dalam sehari mampu menghasilkan telur hingga 23 rak,” katannya.

- Advertisement -

Kini usaha kelompok unggas MOKORA Desa Mora telah berkembang dan memberi manfaat bagi anggota ternak.

Dia mengungkapkan, bahwa saat pandemi Covid-19 sekarang, peluang usaha ayam petelur sangat menjanjikan, telur merupakan lauk pauk yang paling diburu oleh ibu-ibu saat belanja, karena harganya relatif terjangkau, pemasaran untuk produk telur ini pun sangat lancar.

”Melalui pemberdayaan kelompok ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi para kelompok masyarakat untuk pengembangan usaha serta meningkatkan kinerja. Sehingga para pelaku usaha mampu bersaing serta memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja, terlebih pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini,” jelasnya. (CHEM)

- Advertisement -