Hutan Pinus Tepotowoa di Desa Ensa Morut, Destinasi “Surga” Wisata di Era New Normal

0
- Advertisement -

POSONEWS, Poso – Desiran angin, daun pinus yang berguguran, menambah keasrian dan keindahan Kawasan hutan Pinus bukit “Tepotowoa” yang berada Desa Ensa Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara (Morut), Provinsi Sulawesi Tengah. Kawasn ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata baru di era New Normal bagi traveler, backpacker dan para adventurer.

Kawasan ini  disulap menjadi destinasi wisata lokal oleh pemerintah desa setempat. Dan setiap akhir pekan ramai dikunjungi warga baik dari di Kabupaten Morut sendiri maupun dari luar kabupaten .

Nama hutan pinus bukit “Tepotowoa” dalam bahasa Mori yang artinya tempat pertemuan, dijadikan sebagai objek wisata di Desa Ensa. Kawasan ini dihiasi dengan pernak-pernik yang dimodifikasi sedemikian indah dan  tertata sangat rapi.

Meskipun fasilitasnya yang masih sangat sederhana karena dalam tahapan penataan sudah banyak dikunjungi oleh masyarakat yang ingin bersantai ria menikmati keindahannya.

- Advertisement -

Kepala Desa Ensa, Ferdinan Suade mengatakan, destinasi wisata hutan pinus yang dikelola oleh Pemdes Ensa melalui karang taruna Mokora ini,  dengan luas -+ 5 hektar.

Dalam mengelola kawasan ini pihak desa akan bekerja sama dengan pihak kehutanan akan diatur dan dikelola oleh Bumdes Desa Ensa.

“Tempat ini sangat nyaman untuk para wisatawan lokal maupun luar daerah untuk menjajakan mata di tempat wisata yang higinis dan lebih menarik untuk dikujungi bersama keluarga karena letaknya pas di pinggir jalan trans Sulawesi,” paparnya.

 

Dia menjelaskan, suasana hutan pinus yang dipenuhi deretan pohon pinus yang sangat rapi, tempat-tempat duduk,pernak pernik tempat selfi dan banyak lagi mainan yang menjadikan tempat ini lebih menarik dan lebih banyak peminat pecinta swafoto.

“Meski merupakan destinasi wisata baru, tapi sangat membius para pengunjung mendatangi hutan pinus,” ujarnya.

Salah satu tokoh masyarakat Desa Ensa,  Melki Landusa mengatakan, objek wisata ini diharapkan menjadi destinasi untuk wisatawan lokal dan dari luar daerah, yang suka memanjakan keluarga untuk berwisata ke hutan pinus dengan alam yang indah dan asri suasana pun sangat nyaman.

“Destinasi wisata ini dibuka untuk umum dan sangat tepat untuk menyambut momen hari liburan dan acara keluarga. Hutan pinus bisa menjadi destinasi wisata yang cukup ngehits di Desa Ensa dan luar daerah,” jelasnya.

Dia menuturkan, destinasi wisata hutan pinus ini, udaranya yang sejuk dan asri menjadikan suasana alam yang layak untuk dieksplorer, sembari santai bersama keluarga. Bahkan  kawasan ini  menjadi titik swafoto bareng keluarga dengan latar belakang alam hutan pinus yang membuta takjub.

“Kedepanya tempat wisata ini mendapat perhatian pemda, dinas pariwisata daerah maupun pusat dalam pengembangannya, agar bisa menjadi tempat wisata favorit bagi semua kalangan yang biasa berwisata,” tutupnya. (CHEM)

- Advertisement -