Tari Motaro Iringi Verna -Yasin Mendaftar ke KPU Poso

0
Tari Motaro yang merupakan tari asli Pamona mengantar pasangan bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Poso, dr.Verna G M Inkiriwang -Moh.Yasin Mangun yang diusung empat partai politik yakni Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hamura) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo)., saat mendaftar di KPU Kabupaten Poso, Jumat (4/9/2020)
- Advertisement -

POSONEWS, Poso – Tari Motaro asal Pamona mengiringi pasangan bakal calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Poso, dr.Verna G M Inkiriwang dan Moh. Yasin Mangun (Verna-Yasin) saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso.

Tari Motaro yang diperankan 12 orang terdiri dari perempaun dan laki laki yang menggunakan pakaian khas Pamona berwarna biru,merah dan hitam ini, mengiringi pasangan Verna-Yasin yang berjalan sekira 500 meter dari Jalan Pulau Timor menuju KPU Kabupaten Poso., untuk mendaftarkan diri, Jumat (4/9/2020).

Tarian Motaro adalah tarian rakyat yang diciptakan oleh masyarakat suku Pamona sendiri tanpa mendapat pengaruh dari kebudayaan luar.

Pasangan bakal calon Bupati dan calon Wakil Bupati Poso, dr.Verna G M Inkiriwang dan Moh. Yasin Mangun (Verna-Yasin) saat mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Jumat (4/9/2020) saat mendaftar sebagai peserta Pilkada Serentak 2020 di KPU Kabupaten Poso. Foto : Rahman/PosoNews.id

Motaro adalah tarian khas daerah Poso (suku Pamona) yang sejak dahulu kala sampai sekarang tetap dipelihara dan dikembangkan oleh masyarakat setempat. Pada masa dahulu tarian Motaro dilakukan untuk menyambut para pahlawan yang baru kembali dari medan pertempuran sebagai rasa syukur mereka kepada pencipta, atas kemenangan mereka.

- Advertisement -

Koordinator Relawan Verna-Yasin, Nirwan mengatakan, pihaknya mengantar pasangan Verna-Yasin dengan penuh suka cita yang dimulai dari Sekretariat Partai Demokrat yang juga sebagai Sekretariat Pemenangan pasangan Verna-Yasin di Jalan Tabatoki Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan.

“Alhamdulillah, pasangan Verna-Yasin diantar oleh relawan dan simpatisannya dengan penuh suka cita,” ujarnya, Jumat (4/9/2020).

Sebagaimana diketahui, pasangan dr.Verna G M Inkiriwang dan Moh.Yasin Mangun merupakan pasangan Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Poso, yang diusung empat partai politik yakni Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). (RHM)

BACA JUGA : Ratusan Massa Hantar Verna-Yasin ke KPU Poso

- Advertisement -