Parade Sehat Memeriahkan HUT RI ke 75, Bupati Darmin: Jaga Persatuan dan Kesatuan Sebagai Anak Bangsa

0
- Advertisement -

POSONEWS, Tentena – Kemerdekaan Bangsa Indonesia tidak dicapai dengan mudah, perjuangan dilakukan dengan pengorbanan harta, darah, air mata bahkan nyawa oleh para pahlawan Kusuma bangsa.

Mengenang kembali jasa-jasa mereka yang telah gugur demi Nusa dan Bangsa serta merenungkan perjuangan mereka merupakan suatu kewajiban bagi kita semua yang telah menikmati alam kemerdekaan.

Perjuangan para pahlawan akan sia-sia jika generasi penerus tidak mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif untuk memajukan bangsa ini.

Semangat Nasionalisme memperingati HUT RI ke 75 dari masyarakat Kabupaten Poso masih sangat kental terasa meskipun sekarang waktu sudah berada pada akhir bulan Agustus. Mewujudkan ungkapan syukur mengisi kemerdekaan, Sahabat Perempuan dan Generasi Milenial menyelenggarakan kegiatan memeriahkan hari Kemerdekaan RI dengan Parade Sehat, Sabtu, 29 Agustus 2020. Acara yang dihadiri Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu dan Ketua DPRD Kabupaten Poso, Sesi K. D. Mapeda ini, dipusatkan di Taman Kota Tentena dan diikuti oleh ribuan peserta dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, semua peserta wajib menggunakan masker.

- Advertisement -

Parade Sehat tersebut diawali dengan seremonial menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Lemba Ntana Poso dilanjutkan dengan penampilan tarian Molega yang dibawakan oleh siswa siswi SMP GKST 1 Tentena dan Doa Syukur oleh Pendeta Everson Mokale, S.Th, M.Th.

Dalam sambutannya Bupati Poso memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah melaksanakan kegiatan pada hari ini.

“Inti dari pelaksanaan kegiatan jalan santai dan sepeda santai ini, tidak lain adalah untuk meningkatkan silaturahmi dan persatuan kita sebagai sesama anak bangsa yang plural, sehingga dengan adanya acara ini menjadi wahana pemersatu sebagai warga masyarakat dan pemerintah untuk terus bersinergi mendukung program-program pembangunan, kegiatan pemerintahan dan pembinaan sosial kemasyarakatan yang sedang digalakkan, agar bumi Sintuwu Maroso semakin sejuk dan damai serta senantiasa mendapat Rahmat dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” tegasnya.

“Disamping itu dengan berolahraga seperti jalan sehat dan sepeda sehat dapat meningkatkan kebugaran dan imun tubuh kita. Kondisi tubuh yang prima dapat memberi motivasi untuk lebih produktif, inovatif dan kreatif dalam menjalankan aktivitas,” terang Bupati.

“Pada kesempatan ini saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap terus menjaga persatuan dan kesatuan,
jangan mudah terprovokasi oleh oknum-oknum yang ingin memecah belah dan mengadu domba melalui isu-isu negatif dan hoax di media sosial, semoga parade sehat ini memberi inspirasi bagi kita semua untuk terus berkreasi sesuai bidang tugas dan profesi kita masing-masing,” tutupnya.

Ditandai pengangkatan bendera start, Bupati Poso didampingi Ketua DPRD melepas peserta sepeda santai dan jalan sehat yang mengambil rute keliling kota wisata Tentena, dengan pengamanan ketat dari personil Polsek Tentena.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan hiburan dari Pamona Brother, Belllgrad dan Dance Tik tok serta pengundian hadiah Doorprise yang disiapkan oleh panitia. (LEE/SAQ).

- Advertisement -