Wilayah Sigi Sulteng Diguncang Gempa Tektonik

0
- Advertisement -

POSONEWS, Sigi – Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, Jumat, 21 Agustus 2020 pukul 18.35.58 WIB atau pukul 19.35.58 Wita, diguncang gempa tektonik.

Berdasarkan informasi dari Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki magnitudo M5,0.

“Episenter terletak pada koordinat 1,49 LS dan 120,02 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 48 km arah Selatan Kota Sigi Biromaru, Kab Sigi, Sulawesi Tengah pada kedalaman 10 km,” seperti dikutip dari akun resmi Daryono selaku Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Jumat (21/8/2020).

Dia menyebutkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktifitas sesar lokal di zona Lore Lindu Fracture Zone.

- Advertisement -

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike-slip fault),” ujarnya.

Guncangan gempa dirasakan di daerah Sigi dalam skala intensitas III MMI. Di Poso dalam skala intensitas II-III MMI dan di Tobadak intensitas II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.***

- Advertisement -