PAN dan Hanura Usung Verna-Yasin di Pilkada Poso 2020

0
Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Poso, Abram Badilo menyerahkan dokumen B.1-KWK Parpol, kepada pasangan bakal calon Bupati Poso, Verna Gladys Merry Inkiriwang yang didampingi Bakal Calon Wakil Bupati Poso, M.Yasin Mangun, di Sekretariat DPC Partai Hanura di Jalan Hasanuddin Kelurahan Bonesompe Kecamatan Poso Kota Utara. (Kiri) - (Kanan) Ketua PAN Kabupaten Poso, Muhaimin Yunus Hadi menyerahkan dokumen B.1-KWK Parpol, kepada pasangan bakal calon Bupati Poso, Verna Gladys Merry Inkiriwang yang didampingi Bakal Calon Wakil Bupati Poso, M.Yasin Mangun, di Sekretariat DPD PAN Kabupaten Poso, Jlaan Pulau Biak Kecamatan Poso Kota. FOTO RAHMAN/POSONEWS

POSONEWS, Poso – Dua partai politik (Parpol) yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), akhirnya melabuhkan “perahunya” atau mengusung pasangan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Poso, Verna G M Inkiriwang dan M. Yasin Mangun di Pilkada Kabupaten Poso 2020.

Hal itu terungkap pada Kamis (13/8/2020) saat dua partai politik tersebut menyerahkan dokumen B.1- KWK Parpol, yang masing masing ditandatangani Ketua DPP kedua partai tersebut, kepada pasangan bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Poso periode 2021-2024 dari Partai Demokrat itu.

Partai Hanura melalui Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Poso, Abram Badilo menyerahkan dokumen B.1-KWK Parpol, kepada pasangan bakal calon Bupati Poso, Verna Gladys Merry Inkiriwang yang didampingi Bakal Calon Wakil Bupati Poso, M.Yasin Mangun, di Sekretariat DPC Partai Hanura di Jalan Hasanuddin Kelurahan Bonesompe Kecamatan Poso Kota Utara.

Selanjutnya, Verna – Yasin menuju Sekretariat DPD PAN Kabupaten Poso, di Jalan Pulau Biak Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota. Di Sekretariat DPD PAN, Verna-Yasin juga menerima dokumen usungan dari Ketua PAN Kabupaten Poso, Muhaimin Yunus Hadi.

Pasangan Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Poso, dr. Verna G M Inkiriwang- M.Yasin Mangun (Tengah) didampingi Ketua DPC Partai hanura Kabupaten Poso, Abram Badilo (Kanan) dan Ketua DPD PAN Kabupaten Poso, Muhaimin Yunus Hadi (Kiri) serta salah satu pengurus Partai Demokrat kabupaten Poso di kegiatan Silaturahmi dan Kosolidasi Koalisi partai Politik Pengusung, Kamis (13/8/2020) di Aula Pertemuan DPC Partai Demokrat Kabupaten Poso. FOTO : RAHMAN/POSONEWS

Bakal calon Bupati Poso, Verna G M Inkiriwang dalam keterangan persnya mengatakan, pihaknya telah menerima secara resmi dokumen dari dua partai politik yang mengusung dirinya sebagai bakal calon Bupati dan M.Yasin Mangun sebagai Wakil Bupati, untuk berkontestasi di Pilkada Kabupaten Poso tahun 2020.

“Hari ini secara terang benderang, jelas dan nyata bahwa tiga parpol yakni Demokrat, PAN dan Hanura telah berkoalisi dengan total jumlah kursi sebanyak tujuh kursi dan kami siap bertarung di perhelatan Pilkada Kabupaten Poso 2020 pada 9 Desember mendatang,” ujar Verna yang didampingi bakal Calon Wakil Bupati Poso, M.Yasin Mangun dan Ketua DPD PAN Kabupaten Poso, Muhaimin Yunus Hadi serta Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Poso, Abram Badilo, saat konferensi pers, Kamis (13/8/2020) di Sekretariat DPC Demokrat Kabupaten Poso.

Verna menyebutkan, langkah selanjutnya pihaknya bersama partai koalisi melakukan koordinasi dan konsolidasi untuk menyatukan visi misi, rencana kedepan dan menyamakan garis perjuangan, sehingga tujuan yang diharapkan dapat terwujud.

“Garis perjuangan kami ialah berjuang untuk rakyat dan berpihak untuk rakyat. Setiap kami turun ke lapangan sudah banyak kami dengar soal keluhan, masukan serta saran dari rakyat, maka semua itu akan kami masukan sebagai dasar perjuangan kami sehingga rakyat merasa diperhatikan oleh pemimpinnya.Hal serupa juga dinginkan dari partai yang berkoalisi dengan kami,” tegasnya.

Dia berharap, dengan telah adanya partai politik pengusung Verna-Yasin, telah menjawab keraguan dan kegalauan para simpatisan, relawan maupun tim-tim yang telah dibentuk dan telah bekerja untuk Verna-Yasin selama ini.

Ketua DPD PAN Kabupaten Poso, Muhaimin Yunus Hadi menyerahkan bendera PAN kepada bakal Calon Bupati Poso, dr. Verna G M Inkiriwang yang didampingi Bakal Calon Wakil Bupati Poso, M. Yasin Mangun, Kamis (13/8/2020) sebagai simbol koalisi untuk dikibarkan secara bersama-sama dengan bendera partai Demokrat dan partai Hanura dalam perlehatan Pilkada Poso 2020. FOTO : RAHMAN/POSONEWS

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kabupaten Poso, Muhaimin Yunus Hadi mengatakan,PAN merupakan partai yang pertama kali mengeluarkan Surat Keputusan (SK) untuk mengusung Verna G M Inkiriwang sebagai calon Bupati Poso dan M.Yasin Mangun sebagai Calon Wakil Bupati Poso dalam Pilkada Kabupaten Poso tahun 2020.

Muhaimin menyebutkan, DPP PAN mengeluarkan SK untuk mengusung Verna-Yasin tertanggal 15 Juni 2020.

“Polemik yang selama ini soal PAN kemana?, pada hari ini terjawab sudah dengan diserahkannya SK untuk mengusung Verna-Yasin sebagai Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Poso,” sebutnya.

Dia menambahkan, alasan PAN melabuhkan “perahu” ke pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati, Verna-Yasin karena sosok dua tokoh ini layak dan tepat untuk memimpin daerah ini kedepan.

“PAN lah yang mengusul kepada Demokrat untuk mengusung Verna-Yasin, sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Poso di Pilkada Kabupaten Poso 2020,” tegasnya.

Ketua DPC Partai hanura Kabupaten Poso, Abram Badilo bersama jajaran Pengurus Partai Hanura Kabupaten Poso, foto bersama dengan Pasangan bakal Calon Bupati Poso, dr. Verna G M Inkiriwang yang didampingi Bakal Calon Wakil Bupati Poso, M. Yasin Mangun, Kamis (13/8/2020) usai penyerahan dokumen SK Parpol pengusung. FOTO : RAHMAN/POSONEWS

Hal senada diungkapkan Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Poso, Abram Badilo.

Dia menjelaskan, pada hari ini Kamis (13/8/2020) secara resmi partai Hanura menyerahkan dokumen SK yang dikeluarkan DPP Partai melalui DPC Partai Hanura Kabupaten Poso untuk mengusung bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Poso, Verna G M Inkiriwang – M.Yasin Mangun.

“Hari ini saya mendapat instruksi dari Sekretaris DPD Partai Hanura Sulteng sekaligus Ketua Tim Pilkada Sulteng, Ismail Yunus untuk menyerahkan dokumen SK Partai Hanura yang mengusung pasangan Verna-Yasin sebagai pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Poso, di Pilkada Poso tahun 2020,” jelasnya.

Abram menjelaskan, alasan partai Hanura mengusung pasangan Verna-Yasin sebagai pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Poso di Pilkada Poso, keduanya telah melalui proses yang panjang, termasuk saat dibukanya pendaftaran calon bupati oleh partai Hanura dan dalam rapat yang dilakukan DPC Kabupaten Poso pasangan ini diputuskan untuk diusulkan ke DPD Provinsi Sulteng dan ke Pusat.

“Setelah diusulkan, oleh DPP Partai Hanura memutuskan untuk mengusung nama Verna G M Inkiriwang – M.Yasin Mangun sebagai pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati di Pilkada Poso 2020,” ujarnya.

Usai penyerahan dokumen SK kepada pasangnan bakal calon bupati dan wakil bupati, dilanjutnkan dengan kegiatan Konsolidasi bersama Partai Politik (Parpol) Pengusung pada Pilkada Serentak 2020 Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kegiatan dilaksanakan dan dipusatkan di Aula Pertemuan Sekrerariat Partai Demokrat Kabupaten Poso di Kelurahan Sayo Kecamatan Poso Kota Selatan, Kabupaten Poso, Sulteng. (RHM)

- Advertisement -