Pemkab Touna Alokasikan Anggaran Rp 14 Miliar KIS-BPJS Untuk Warga Miskin

0

POSONEWS, Touna – Dinas Kesehatan Pemda Tojo Unauna meminta kepada pemerintah desa dan kelurahan untuk mendata masyarakat yang belum memiliki kartu KIS APBD Daerah.

“Masyarakat yang tidak punya kartu KIS APBD daerah untuk segera mengurus, hari ini juga meraka akan menggurus dan hari ini juga kita akan terbitkan Kartu Indonesia Sehat karena Pemda Touna sudah siapkan alokasi hampir Rp 14 Miliar untuk BPJS,” terang Jafanet, Selasa (4/8).

Dia mengatakan, Bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay telah mendatangani perjanjian kerjasama dengan BPJS sebesar Rp 14 Miliar untuk menanggung KIS warga Touna yang kurang mampu.

Hanya saja yang jadi persoalan, kata Jafanet, ada pemegang kartu KIS Mandiri. Misalnya mandiri kelas satu, kelas dua dan kelas tjga.

“Ini biasa ada yang menugak karena ada yang tidak membayar satu sampai dua tahun,kalau ada yang seperti ini silakan pemerintah desa dan kelurahan memilah mana yang tidak mampu kembalikan kepada daerah, mana yang mampu harus disuruh membayar tetap hutangnya satu dua tahun itu diteruskan, tetapi kalau ada yang tidak mampu diberikan kepada daerah,kami siap untuk membantu dari dinas kesehatan,” ujarnya.

Hal ini tentunya, kata Jafanet, dapat membantu masyarakat Touna. Olehnya, dia menghimbau kepada pemerintah desa dan kelurahan jika ada masyarakat yang belum memiliki kartu KIS APBD Daerah, agar segera didaftarkan.

“Peserta program KIS Pemda Touna yang telah berjalan selama imi adalah 33.000 lebih,” ujarnya.(CAN)

- Advertisement -