Ribuan Warga Poso Pawai Takbir Idul Adha 1441 H

0
253

POSONEWS, Poso – Ribuan umat Islam di Kabupaten Poso, Kamis malam (30/7/20) mengikuti pawai takbiran menyambut perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020.

Pawai takbiran Idul Adha digelar Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Poso yang dilepas secara resmi oleh Bupati Poso, Darmin Sigilipu tepatnya di depan di Alun-alun Sintwu Maroso yang dihadiri Ketua DPRD Poso Sesi Mapeda, tokoh agama serta Forkopimda Kabupaten Poso.

Tak hanya kendaraan roda empat, ribuan kendaraan roda dua nampak berbondong-bondong turut mengikuti pawai takbiran dengan melintasi jalan pusat kota Poso. Sambil mengumandangkan takbir, suasana pawai takbiran Idul Adha di Poso berjalan khidmat.

Salah seorang warga Poso yang mengikuti pawai takbiran, Budi menyampaikan rasa rindunya terhadap suasana pawai takbiran, yang membuat ia bersama teman-teman dan keluarga berinisiatif mengikuti pawai.

“Waktu lebaran Idul Fitri ada pawai tapi tak seramai sekarang, itu lantaran Poso sekarang sudah masuk wilayah zona hijau dari peredaran virus covid-19, jadi saya berani ikut pawai,” ucap Budi.

Sebagian warga Poso mengkau senang. Karena dengan digelarnya pawai takbiran, hal itu menunjukkan bahwa prevalensi penyebaran virus covid-19 di wilayah ini, mulai dapat dikendalikan.

“Alhamdulilah, pawai takbiran sudah kembali digelar setelah sebelumnya tidak ada pawai seperti ini, berarti kota Poso mulai aman dari pandemi covid-19,” ungkap sejumlah warga.

Suasana malam pawai takbiran Idul Adha di Poso juga menjadi tontonan warga. Ratusan warga Poso duduk didepan rumah menyaksikan iring iringan kendaraan pawai yang melintas. Suasana keramaian seperti ini sebelumnya sangat jarang terlihat di wilayah Poso, setelah pemerintah menerapkan larangan berkumpul.

Sementara itu Bupati Poso Darmin Sigilipu meminta masyarakat yang mengikuti pawai takbiran Idul Adha 1441 H kali ini, untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama berkendara.

“Dengan adanya wabah Covid-19 yang melanda negeri ini, senantiasalah selalu menjaga kebersihan dan kesehatan. Jangan lupa gunakan masker, rajin mencuci tangan dan tetaplah waspada dalam berkendara,” pinta Bupati lalu melepas secara resmi pawai takbiran Idul Adha kali ini. (LEE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here