Masuk Zona Hijau, Hotel Wisata Poso Kembali Difungsikan Untuk Umum

0
273
Kadis Kesehatan, dr. Taufan Karwur kepada Kadis Pariwisata yang diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata Adriani Ramadan, Selasa (28/7/2020) lalu. di Hotel Wisata Poso. FOTO : DOK HUMAS PEMKAB POSO

POSONEWS, Poso – Kabupaten Poso kembali masuk zona hijau. Hal ini berdasarkan Laporan Harian Surveilans Ketat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, per tanggal 27 Juli 2020, yang menyebutkan hampir semua wilayah kerja Puskesmas yang ada di Kabupaten Poso sudah berada pada zona aman.

Terkait hal itu Pemerintah Kabupaten (Pekan) Poso melalui Dinas setempat mengembalikan status Hotel Wisata yang sebelumnya dijadikan rumah sakit darurat Covid-19, kepada Dinas Pariwisata untuk kembali memfungsikan Hotel Wisata sebagai sarana penginapan untuk umum.

Pengembalian fungsi Hotel Wisata untuk umum tersebut ditandai dengan penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan dan kamar serta penyerahan kunci kamar hotel oleh Kadis Kesehatan, dr. Taufan Karwur kepada Kadis Pariwisata yang diwakili Sekretaris Dinas Pariwisata Adriani Ramadan, Selasa (28/7/2020) lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dr. Taufan Karwur menyatakan, bahwa berdasarkan revisi ke 5 keputusan menteri kesehatan nomor 413 tahun 2020 tentang pedoman penanganan covid 19. Dalam revisi tersebut diperkenalkan istilah baru yaitu suspect, probable, dan terkonfirmasi.

Taufan menjelaskan, penanganan untuk kasus terkonfirmasi dengan gejala berat dirawat di ruang isolasi RSUD, sedangkan yang tanpa gejala dapat melakukan isolasi mandiri dirumah selama 10 hari.

“Pasien-pasien yang terkonfirmasi tanpa gejala jika dulu kita rawat di rumah sakit darurat ini sekarang dapat melakukan isolasi mandiri di rumah selama 10 hari dan dinyatakan sembuh.Dengan pertimbangan tersebut sudah tidak diperlukan lagi rumah sakit darurat untuk perawatan selain RSUD,” jelasnya.

Taufan menambahkan, masuknya Kabupaten Poso dalam status zona hijau tidak terlepas dari segala upaya bersama dalam mencegah, menekan penularan dan penanganan pasien Covid-19.

“Ini merupakan kerja keras Gugus Tugas dan juga kesadaran dari masyarakat yang mendukung dan mengikuti anjuran Pemerintah,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Poso, Adriani Ramadhan menyampaikan, terhitung mulai Selasa (28/7/2020), Hotel Wisata beroperasi kembali sebagai penginapan,

” Saya mengajak kepada warga Poso agar jangan ragu bagi yang akan menggunakan fasilitas penginapan Hotel Wisata” tandasnya,

Kegiatan itu dihadiri Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid Kabupaten Poso, dr.Marwan Neno dan sejumlah pejabat yang ada di lingkup Pemkab Poso, Dinas Kesehatan dan Dinas Pariwisata Kabupaten Poso. (*/WS/RHM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here