Usai Rapid Tes, PPDP Langsung Bimtek

0
Salah seorang PPDP saat melakukan pengambilan sampel darah (Foto: Dok.KPU)
- Advertisement -

POSONEWS, Poso – Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) yang belum lama ini direkrut oleh KPU Poso guna melakukan tugas pencocokan dan penelitian (Coklit), langsung melalui uji kesehatan melalui rapid tes. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh PPDP yang direkrut berbadan sehat dan yang terpenting tidak sedang terpapar virus corona.

“Semua PPDP yang direkrut langsung menjalani rapid tes yang dilakukan Dinas Kesehatan Poso. Rapid tes kita laksanakan selama empat hari hingga 11 Juli 2020. Hal ini sesuai dengan arahan KPU RI yang dituangkan dalam surat dinas tentang pembentukan PPDP untuk Pemilu serentak 2020,” terang Ketua KPU Poso Budiman Maliki Selasa (14/7).

Selanjutnya kata Budiman, PPDP yang telah ditetapkan dan yang telah menjalani rapid tes dengan hasil non reaktif, langsung mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih) yang diselenggarakan selama tiga hari hingga 14 Juli kemarin.

“Jadi tanggal 15 Juli hari ini, PPDP akan langsung bertugas melakukan coklit data pemilih di lapangan. Mereka nantinya akan bertugas hingga 13 Agustus mendatang atau kurang lebih sebulan,” tambah Budiman.

- Advertisement -

Seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan KPU Poso ujar Budiman, baik Bimtek Mutarlih maupun kegiatan Coklit di lapangan, tetap berpedoman pada protokol standar kesehatan Covid-19.

“Kesehatan dan keselamatan semua petugas harus menjadi prioritas utama dalam melaksanakan semua tahapan. Karena itu, dimasa pandemi seperti saat ini, sangat diperlukan proteksi diri sesuai standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” kuncinya. (LEE)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini