Bupati Touna Lantik 209 CPNS, Tiga Diantaranya Mengundurkan Diri

0
131

POSONEWS, Touna – Bupati Tojo Unauna Mohammad Lahay melantik dan mengambil sumpah jabatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, formasi tahun 2018, diruang Auditorium Bupati, Selasa (14/7/2020).

Kata Muhamad Lahay, PNS merupakan aparatur negara memiliki arti yang strategis, dan mempunyai peran yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang bertanggung jawab, maka setiap Pegawai Negeri Sipil atau ASN wajib mengangkat sumpah dan janji menurut agama dan kepercayaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Pengambilan sumpah dan janji aparatur sipil negara ini secara khusus bertujuan dalam rangka membina dan menciptakan pegawai negeri sipil bersih, jujur dan berwibawa serta sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat.

Bupati berpesan agar seluruh PNS yang baru terima SK 100 persen dalam melaksanakan tugas harus mengedepankan Etika Norma, Kejujuran, Keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab.

“Terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri, dalam arti meningkatkan pengetahuan serta keterampilan guna mendukung tugas pokok dan fungsi dari satuan dan unit kerja masing-masing,” imbuh Muhamad Lahay.

Bupati juga mengingatkan kepada para ASN baru ini, agar tidak minta pindah dari tempat tugas yang dipilihnya saat mengikuti seleksi CPNS sistem online 2018 lalu.

“Banyak CPNS yang baru lulus ini datang pada saya, minta pindah ke wilayah yang lebih dekat, seperti yang lulus di kepulauan minta pindah didarat, tapi saya minta maaf belum bisa memutasi CPNS sebelum mengabdi selama 10 tahun di formasi yang dipilihnya saat ikut seleksi CPNS, berdasarkan keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,” tuturnya.

Adapun jumlah peserta yang di ambil sumpah berdasarkan Surat Keputusan Formasi Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Bahwa jatah Kabupaten Tojo Una-Una pada formasi tahun 2018 berjumlah 209 orang.

Dalam proses selanjutnya tiga orang dinyatakan mengundurkan diri karena alasan pribadi.

Tiga CPNS yang mengundurkan diri adalah CPNS profesi dokter yang lulus formasi di wilayah Wakai dan Pulau Dolong di Walea Kepulauan.

Sehingga total yang diambil sumpah formasi tahun 2018 untuk Kabupaten Tojo Una-Una berjumlah 206 orang.

Mereka terdiri dari tenaga guru sebanyak 64 orang, tenaga kesehatan 114 orang, dan tenaga teknis 28 orang.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here