Jelang Pilkada 2020, Ketua KPU Sosialisasikan Coklit Ke Warga

0
313
Ketua KPU Poso, Budiman Maliki saat mensosialisasikan Coklit ke warga Kelurahan Tegalrejo (Foto:Ishaq)

POSONEWS, Poso – Terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Poso, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Budiman Maliki menyampaikan, pelaksanaan pemilu serentak tetap dilanjutkan walaupun sempat dihentikan karena situasi pandemi Covid-19.

Hal itu diungkapkannya usai menjalani shalat jum’at berjamaah di masjid Nurul Yaqin, Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso, Jumat (10/7/2020).

Sebagai penyelenggara, kata Budiman, KPU Kabupaten Poso perlu menginformasikan kepada masyarakat beberapa hal terkait dengan tahapan-tahapan.

Diungkapkannya, sejak 15 Juni 2020 lalu, KPU sudah memulai sejumlah tahapan. Salah satunya yaitu, mengaktifkan kembali penyelenggara Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Setelah mengaktifkan kembali penyelenggara PPK dan PPS, kemudian kita akan melakukan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDB),” timpal Budiman.

Dilanjutkan, kegiatan KPU sudah memasuki ke tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, yang akan dimulai (15/7) pekan depan.

Jadi yang dimaksud dengan coklit, sambung Budiman, yakni melakukan pencocokan data-data masyarakat yang wajib melakukan pemilihan nanti. Kemudian stelah selesai melakukan Coklit, data-data itu nantinya akan di serahkan ke KPU Poso.

“Oleh karena itu, dalam waktu dekat ini selama sebulan kami dari KPU meminta kesediaan masyarakat, ketika ada petugas kami yang mendatangi rumah-rumah warga untuk megkroscek data, tolong untuk dilayani,” pungkasnya. (**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here