Nol Positif Covid -19, Status Kabupaten Poso Zona Hijau

0
216

POSONEWS, Poso – Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah terhitung sejak Rabu 1 Juli 2020 dinyatakan masuk dalam zona hijau atau zona tidak ada kasus positif dalam penyebaran coronavirus disease tahun 2019 (Covid-19).

Hal itu terlihat dalam laporan data terkini yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia, pada situs resminya tertanggal Rabu, 1Juli 2020.

Masuknya Kabupaten Poso dalam zona hijau tersebut, seiring dengan sembuhnya semua pasien terpapar Covid-19 yang dirawat di RSUD Poso.

Selain itu jumlah data pasien terkonfirmasi yang tercatat oleh Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Poso hingga Rabu (1/7/2020) menunjukan data nol atau tidak ada.

Ketua Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Poso yang juga Bupati Poso, Darmin Agustinus Sigilipu mengatakan, hal ini membuktikan bahwa dengan kerja bersama serta dukungan penuh dari semua komponen dalam menekan kasus terkonfirmasi di Kabupaten Poso terlaksana dengan baik.

“Tidak mudah memang mencegah serta menanggulangi pandemi yang sudah menjadi bencana nasional bahkan mendunia ini, tetapi dengan kerja bersama, kerja cerdas serta ketekunan kita dalam memerangi serta menekan penyebarannya di wilayah Kabupaten Poso ini memang patut diapresiasi serta dihargai bersama,” kata Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu saat dihubungi via telepon, Kamis (2/7/2020) menanggapi data terakhir yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Indonesia dalam situs resminya.

Terkait dengan masuknya Kabupaten Poso dalam zona hijau ini kata Bupati, selaras dengan Laporan Harian Surveilans Ketat Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Poso per tanggal 1 Juli 2020 yang menyebutkan hampir semua wilayah kerja Puskesmas yang ada di Kabupaten Poso, sudah berada pada zona aman. Sedangkan wilayah kerja Puskesmas Tokorondo Kecamatan Poso Pesisir masih memiliki pasien dengan status PDP dan wilayah kerja Puskesmas Kayamanya Kecamatan Poso Kota dan Puskesmas Tagolu Kecamatan Lage masih memiliki pasien dengan status ODP.

“Segala upaya kita bersama dalam menekan maupun penanganan pasien Covid-19 ini, tentunya selain merupakan kerja keras dan kerja cerdas dari Tim Medis juga merupakan kesadaran dari masyarakat Kabupaten Poso sendiri yang terus mendukung serta mengikuti setiap anjuran dan peraturan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah,” jelasnya.

Bupati menambahkan, sebelumnya pada bulan Juni 2020, Kabupaten Poso tercatat statusnya masih masuk dalam zona kuning atau zona resiko rendah dalam penyebaran Covid-19. Data sebagai daerah yang masuk dalam zona kuning terlihat dan tercatat dalam situs resmi Gugus Tugas Covid-19 secara Nasional pada 21Juni 2020 hingga 30 Juni 2020.

Kabupaten Poso Sulawesi Tengah memiliki 19 kecamatan yakni Kecamatan Poso Kota, Poso Kota Utara, Poso Kota Selatan, Kecamatan Lage, Kecamatan Poso Pesisir, Poso Pesisir Utara dan Poso Pesisir Selatan, Kecamatan Pamona Puselemba, Pamona Utara, Pamona Timur, Pamona Barat, Pamona Timur, Pamona Selatan dan Pamona Tenggara. Kecamatan Lore Timur, Lore Barat, Lore Utara, Lore Selatan dan Kecamatam Lore Peore. (LEE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here