Tahapan Pilkada Dimulai, KPU Poso Lantik 507 Anggota PPS dan PPK

0
388
Komisioner KPU Poso divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Wilianita Selviani saat melantik sejumlah anggota PPS secara virtual dari Kantor KPU Poso (Foto: Dok.PR)

POSONEWS, Poso – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso Senin (15/6) melantik dan mengambil sumpah 507 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pilkada Poso pada 9 Desember tahun 2020.

Pelantikan tersebut dilakukan dalam dua metode, baik secara virtual dalam jaringan (daring) dan tatap muka secara langsung. Ke 507 anggota PPS yang dilantik itu tersebar di 19 Kecamatan di wilayah Poso.

Komisioner KPU Poso divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Wilianita Selviani mengatakan, KPU Poso kembali melakukan tahapan Pilkada 2020 yang sempat tertunda karena covid-19.

“KPU Poso kembali melanjutkan tahapan Pilkada 2020 dengan melantik PPS yang terpilih,”ucapnya.

Menurut Wilianita, mencegah covid-19 pelantikan dilaksanakan dalam dua metode, di wilayah kecamatan yang memiliki akses internet dilakukan secara virtual dalam jaringan (daring) dari kantor KPU Poso. Sementara bagi pelantikan secara tatap muka langsung dikhususkan wilayah kecamatan yang sulit mendapatkan akses jaringan internet.

Sementara untuk wilayah yang dilakukan pelantikan tidak menggunakan virtual berada di wilayah Kecamatan Lore Bersaudara, sisanya khusus kecamatan yang menggunakan metode virtual daring yang diikuti para anggota PPS dimasing-masing tempat.

Namun kata Wilianita, bagi PPS di kecamatan yang dilakukan pelantikan tatap muka langsung tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan tetap menjaga jarak dan pakai masker.

Wilianita menyampaikan, usai dilantik, agenda selanjutnya seluruh PPS segera melaksanakan pemilihan ketua dimasing-masing PPS, persiapan pembentukan sekretariat PPS dan melaksanakan bimtek verifikasi faktual dukungan calon perseorangan.

Dihari yang sama juga, KPU Poso melakukan pelantikan tiga anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pengganti Antar Waktu (PAW), untuk Kecamatan Poso Kota sebanyak dua orang, dan Kecamatan Pamona Timur satu orang. (Lee)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here