Lagi, Dua Pasien Positif Covid-19 di Poso Dinyatakan Sembuh

0
283
Ketua Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Poso, Darmin Agustinus Sigilpu yang juga Bupati Poso saat membeikan bunga kepada salah satu pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi atas kesembuhan pasien, Minggu (24/5/2020) di Koridor RSUD Poso, sebelum pasien meninggalkan rumah sakit. FOTO : DOK KOMINFOSANDI POSO.

POSONEWS, Poso – Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan  Coronavirus disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Poso menyebutkan, lagi dua pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang. Total pasien positif yang dinyatakan sembuh sebanyak 5 orang dari jumlah sebanyak 10 orang pasien terkonfirmasi positif.

Kedua pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh tersebut yakni pasien 05 berinisial J (26) setelah menjalani swab evaluasi ke lima dan ke enam dengan hasil negatif dan pasien 06  berinisial FU (38) setelah menjalani swab evaluasi ke empat dan ke lima dengan hasil negatif.

“Keduanya dinyatakan sembuh setelah swab evaluasi hasilnya negatif dan keduanya dibolehkan pulang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan  Covid-19 Kabupaten Poso, dr, Marwan Neno, Minggu (24/5/2020) siang, seperti dikutip dari akun resmi Kominfosandi Kabupaten Poso.

Pada kesempatan itu, Marwan juga menyampaikan laporan situasi terkini perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Poso per Minggu, 24 Mei 2020.

Marwan menjelaskan, untuk status Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari total 23 orang, saat ini  tinggal 2 orang dan kedua duanya sementara melakukan isolasi mandiri di rumah. Untuk status Pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) dari 180 orang, kini menjadi 58 orang dari sebelumnya sebanyak 51 orang atau ada ketambahan sebayak 7 orang.

Untuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  total sebanyak 13 orang, selesai dipantau 7 orang,  saat ini 5 orang dengan rincian 4 orang di rawat di RSUD Poso dan satu orang dirawat di RSU Undata Palu.

Untuk pasien terkonfirmasi positif total sebanyak 10 orang, dinyatakan sembuh sebanyak 5 orang dan menyisakan 5 orang pasien. Sisa lima orang pasien tersebut dengan rincian 3 orang di rawat di RSUD Poso dan 2 orang di rawat di RSU Anuta Pura. Serta Pelaku Perjalanan sebanyak 8. 608. orang dan selesai dipantau 7.778 Orang

Ketua Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan  Covid-19 Kabupaten Poso, Darmin Agustinus Sigilpu yang juga Bupati Poso, foto bersama kedua pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, Minggu (24/5/2020) di pelataran RSUD Poso. FOTO : DOK : KOMINFOSANDI P

Sementara itu Ketua Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan  Covid-19 Kabupaten Poso, Darmin Agustinus Sigilpu mengapresiasi kinerja tim medis yang tergabung dalam  Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan  Covid-19 Kabupaten Poso, dalam memberikan pelayanan terbaik pada pasien covid—19.

“Mudah mudahan dengan semangatnya tim medis, dengan segala keterbatasan yang ada, sebagai garda terdaepan dalam penanganan covid-19,  mereka tetap semangat memberikan pelayanan terbaik kepada semua pasien Covid-19,” kata Bupati Poso ini.  

Darmin juga mengingatkan, kepada seluruh masyarakat bahwa saat ini Kabupaten Poso sudah  terjadi transmisi lokal, sehingga daerah ini dinyatakan sebagai Zona Merah.

“Kabupaten Poso telah Zona Merah, olehnya kita tetap waspada, dengan tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan, gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun, untuk menghindari masuknya virus ke dalam tubuh kita, serta jaga kesehatan dengan memperbanyak olahraga  dan banyak berdoa,” imbaunya.

Sementara itu, Direktur RSUD Poso, dr. Massalindri Hasmar  menambahkan, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1441H/2020 Masehi, dua orang pasien terkonfirmasi positif kembali dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang utnuk berkumpul bersama keluarga di hari bahagia ini.  

Meski begitu kata dia, saat ini masih diperhadapkan dengan situasi yang belum bisa dipastikan, kapan pandemi ini akan berakhir. Kondisi ini mengharuskan seluruh pihak sama sama berjuang dan dibarengi dengan doa dan ketulusan dalam menghadapi situasi ini.

“Sangat luar biasa, kita bisa menikmati hari lebaran dengan penuh hikmat dan hari ini  dua saudara kita dinyatakan sembuh dari covid-19 dan diperbolehkan pulang merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Ini adalah sebuah rahmat dan anugerah bagi kita semua terutama bagi kedua pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Terimah kasih juga buat pemerintah daerah, khususnya Bupati Poso yang sudah meluangkan waktu untuk hadir bersama kita, memberikan dorongan dan semangat pada pasien yang saat ini dinyatakan sembuh dari Covid-19,” tandasnya. (Sumber : Kominfosandi Poso)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here