Pascakebakaran di Pasar Sentral, Diskumdag Poso Lakukan Pendataan

0
420
Puluhan los pakaian dan lapak aksesoris yang ada di Pasar Sentral Tradisonal Sintuwu Maroso yang terletak di Keluarahan Kawua Kecamatan Poso Kota Selatan, Rabu (20.5/2020) dini hari ludes terbakar. Salah satu los pakaian yang ludes terbakar, foto diambil Rabu Pagi. FOTO : RAHMAN

POSONEWS, Poso – Pascakebakaran puluhan los pakaian dan lapak aksesoris di Pasar Sentral Tradisional Bersih Sintuwu Maroko, Rabu (20/5/2020) dini hari, Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan (Diskumdag) Kabupaten Poso, mengambil langkah cepat dengan mendata puluhan los dan lapak yang terbakar .

Kepala Dinas Kumdag Kabupaten Poso, Rama Tandawuya menyebutkan, pendataan yang dilakukan pihaknya terhadap aset pasar yang terbakar dilakukan guna menginvetarisir kerugian yang terjadi baik terhadap aset pasar maupun kepada barang milik pedagang yang ikut terbakar.

“Kita masih melakukan pendataan sebagai bahan untuk menghitung kerugian yang terjadi akibat kebakaran yang terjadi Rabu dini hari, “kata Rama saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (20/5/2020) pagi.

Rama menyebutkan, dari hasil pendataan sementara diperkirakan baik lapak maupun los yang terbakar jumlahnya berkisar puluhan los permanen milik pedagang pakaian serta lapak non permanen milik pedagang aksesori.

“Data sementara diperkirakan mencapai lima puluhan lebih baik los maupun lapak milik pedagang, terbakar dan sebagian mengalami kerusakan ringan akibat peristiwa kebakaran ini, ” ujarnya.

Dia menjelaskan, terhadap pedagang yang terdampak kebakakaran dan masih ingin berdagang, pihaknya berencana menyiapkan halaman lokasi parkir yang ada di depan kantor pasar, sebagai lokasi sementara untuk pedagang.

“Kami akan melakukan koordinasi dan minta persetujuan pimpinan terlebih dahulu terkait rencana lahan parkir untuk dijadikan tempat berdagang sementara bagi pedagang yang terdampak kebakaran,” sebutnya.

Langkah tersebut kata dia, pihaknya lakukan untuk memberikan yang terbaik bagi pedagang korban kebakaran, agar bisa kembali berdagang setelah mendapat musibah ini.

“Kami berupaya agar pedagang terdampak kebakaran punya tempat semantara untuk berdagang. Tentunya realisasinya setelah mendapat persetujuan dari pimpinan,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, puluhan lapak atau los pakaian dan aksesoris yang ada di Pasar Sentral Tradisional Bersih Sintuwu Maroso Kelurahan Kawua Kecamatan Poso Kota Selatan, ludes terbakar, Rabu (20/5/2020) dini hari.

Los pakaian dan aksesoris yang terletak disisi kanan dari kantor UPTD pasar Sentral itu, pada Rabu pagi terlihat tinggal puing-puing.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian menyebutkan, kebakaran pada los pakaian dan aksesoris itu diperkirakan terjadi sekira pukul 01.30 Wita dini hari. RHM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here