Dampak Covid 19, Pemda Poso Gelar Rakor Virtual Refocusing dan Relokasi APBD 2020

0
253

POSONEWS, Poso – Dalam rangka penanganan Covid-19 serta Pengamanan Daya Beli Masyarakat dan Perekonomian Nasional, sejumlah Sekretaris Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten se-Indonesia, menggelar rapat koordinasi (Rakor) virtual melalui Vidio Confrence (Vicon) yang diselenggarakan langsung oleh Kementerian Dalam negeri (Kemendagri) RI, Senin (20/4/2020).

Hal itu dilakukan terkait tindak lanjuti dari Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Keuangan (Menkeu) tentang percepatan penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Dalam rakor tersebut melalui Kemendagri Direktur Jendral (Dirjen) keuangan dan Dirjen Bina Admistrasi Kewilayahan menjelaskan tata cara refocusing atau mengubah fokus dan realokasi pada APBD 2020.

Secara bergantian seluruh sekretaris daerah yang diikuti oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten, melaporkan strategi penanganan Covid diwilayahnya, baik dari segi anggaran serta kebijakan yang telah ditetapkan dimasing-masing daerah.

Sekkab Yan menuturkan, sejumlah hal yang menjadi penekanan dalam rakor virtual itu, agar pemerintah daerah melakukan percepatan alokasi anggaran tertentu untuk penanganan Covid-19.

“Misalnya penguatan ekonomi dan jaring pengaman sosial untuk mengantisipasi dampak Covid-19,” tukasnya.

Diketahui, rakor yang diselenggarakan melalui Vicon diruang Mpogombo tersebut, diikuti Sekkab Poso, Yan Edward Guluda didampingi Inspektur Poso, Abram Sigilipu, Kepala Dinas (Kadis) Sosial, Farid Awad serta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Poso, Noldi Tobondo. (**).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here