Ombudsman Sulteng Observasi Pelayanan Publik di Poso

0
Foto: Tim Ombudsman di Puskesmas Kayamanya (Ist)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Poso Ir, Abdul Kahar Latjare. ST.MSi mendampingi kunjungan Ombudsman RI perwakilan Palu Susiati, SP, M.AP selaku Koordinator penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik Sulawesi Tengah sekaligus Kepala Keasistenan Pencegahan, guna melakukan kunjungan sekaligus evaluasi tentang pelayanan publiK ke beberapa OPD di Kabupaten Poso Selasa, (30/7/2024).

Lokus pertama yang mendapat kunjungan Ombudsman adalah Puskesmas Kayamanya dengan mewawancarai Kapuskesmas, beberapa dokter dan perawat yang bertugas di puskesmas itu. Tidak luput pasien dan pengunjung puskesmas yang ingin mendapatkan layanan kesehatan di puskesmas juga diwawancarai Tim Ombudsman untuk melengkapi keterangan bentuk layanan yang memenuhi Stndar Pelayanan (SP) yang diberlakukan di puskesmas Kayamanya.

Setelah melakukan observasi di puskesmas Kayamanya, selanjutnya tim Ombudsman bergerak ke OPD lainnya yaitu Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Poso untuk melihat langsung bentuk pelayanan publiK yang diberlakukan di kantor tersebut.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Poso, menyebutkan bahwa penilaian pelayanan public yang diharapkan harus memenuhi 4 kriteria. Diantaranya, kompetensi peyelenggara dan sarana prasarana yang memadai, standar pelayanan dan inovasi pelayanan, kepuasan masyarakat atau pelanggan serta ketersediaan dan pengelolaan pengaduan public yang dilayani.

Menurutnya, sesuai instruksi Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang agar tahun 2024 diharapkan ada peningkatan progress pelayanan public di OPD Poso.

“Sehingga level hijau yang telah disandang Kabupaten Poso saat ini bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan bersama beberapa daerah lainnya di Sulawesi Tengah seperti Banggai, dan Kota Palu,” ujarnya.

Melengkapi evaluasi pelayanan Publik yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, tim Ombudsman menyisir OPD lokus pelayanan lainnya, seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Poso dan Dinas Penanaman Modal dan Pelyanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Dijadwalkan Rabu (31/7) besok tim Ombudsman masih akan melakukan observasi di Puskesmas Lawanga, Dinas Sosial serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso untuk mengevaluasi, observasi bentuk pelayanan publik yang berjalan dengan baik sesuai yang diharapkan bersama. ULY