Dinas PPKUKM Touna Tingkatkan SDM Anggota Koperasi Dalam Pengembangan Diversifikasi Gula Aren

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Dinas Perdagangan, Pendistribusian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tojo Una Una (Touna), melaksanakan Pelatihan Diversifikasi Gula Aren.yang dilaksanakan di Hotel Ananda, Kamis (06/06/2024).

Pembinaan Sumber Daya Manusia bagi Pengurus dan Badan Pengawas Koperasi dan Program Pengembangan Usaha Mikro dengan Orientasi Peningkatan Skala Usaha menjadi Usaha Kecil melalui “Program Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian dan Pelatihan Diversifikasi Gula Aren.

Mewakili Bupati, Sekda Touna Alimudin Muhammad mengatakan, kita sadari bahwa kondisi koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah di Touna masih belum menunjukan kemajuan yang signifikan, baik dari segi kelembagaan maupun tingkat produktivitas usaha.

Hal mendasar yang dihadapi adalah terbatasnya akses koperasi dan UMKM kepada sumber daya produktif, seperti permodalan, teknologi, informasi dan pasar. Keterbatasan tersedianya dana untuk modal kerja atau investasi telah menyebabkan koperasi dan UMKM sulit untuk meningkatkan kapasitas usahanya di samping sulit juga untuk mengembangkan produk yang berdaya saing.

- Advertisement -

“Mengambil langkah-langkah kebijakan, yaitu dengan memberdayakan koperasi dan menumbuhkembangkan wirausaha baru, di samping kegiatan-kegiatan usaha lainnya dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan sesuai dengan arah kebijakan pemerintah daerah Touna yaitu mewujudkan Touna maju, sejahtera dan berkelanjutan, maju merupakan kabupaten yang modern dengan pemanfaatan teknologi dan penguatan inovasi,” ujar Sekda.

Lebih lanjut kata Sekda, kepada koperasi untuk terus melaksanakan RAT karena ini merupakan bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota dan juga masyarakat. dan bagi pelaku usaha saya mengajak seluruh umkm menggunakan keberadaan koperasi, tergabung dalam anggota koperasi, menggunakan produk atau jasa koperasi untuk memudahkan perluasan.

Melalui program pelatihan peningkatan kapasitas dan kompetensi SDM koperasi dan pelatihan diversifikasi pengolahan produk gula aren yang di selenggarakan oleh Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah ini, diharapkan para pengurus badan pengawas serta pengelola koperasi agar dapat meningkatkan kapasitas SDM koperasi.

“Dan bagi pelaku usaha mikro teruslah berbenah diri untuk memperbaiki kondisi usahanya baik itu dari sisi kelembagaan, produktivitas dan juga akses,” imbulnya.

“Harapan saya pada kesempatan ini, semoga koperasi dapat tumbuh menjadi lembaga yang memberikan banyak manfaat, kemudahan dalam hal perekonomian masyarakat Kabupaten Tojo Una Una.” tutup Sekda.

Turut Hadir Pimpinan SKPD, Kepala Bidang, Pejabat Fungsional Lingkup Dinas PPKUKM, instuktur dan Panitia Pelaksana dan Peserta Pelatihan. CH

- Advertisement -