Balanggala Masih Berstatus Desa Maju Hasil Pemuktahiran Data IDM Tahun 2024

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Desa Balanggala Kecamatan Ampana Tete Kabupaten Tojo Una Una (Touna), masih menyandang status sebagai Desa Maju, berdasarkan hasil pemuktahiran data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024.

Tertuang dalam Berita Acara yang hari ini, resmi ditanda tangani bersama Kepala Desa Balanggala Mohammad Hasbih, Ketua BPD Safrudin A. Pau dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Rusli Monoarfa.

Acara penandatanganan berita acara, pemuktahiran data IDM tahun 2024 ini bertempat di ruang Kantor Desa Balanggala, Rabu (29/05/2024).

Kepala Desa Balanggala, Mohammad Hasbih mengatakan, kami terus berupaya untuk meningkatkan status dari desa Maju ke desa Mandiri, namun ternyata tidaklah mudah mencapai itu karena harus dilihat dari tiga indeks yang menjadi acuan indikatornya, yaitu Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Lingkungan (IKL).

- Advertisement -

“Semua nilainya saling mempengaruhi satu sama lain, sehingga berdasarkan hasil pemuktahiran data Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2024 Ini, kami desa Balanggala masih berstatus Desa Maju,” jelasnya.

Ditambahkan, Pendamping Lokal Desa Rusli Monoarfa bahwa, penanda tanganan berita acara pemuktahiran data IDM tahun 2024 Desa Balanggala ini sedikit terlambat dari target kita tuntaskan di tanggal 25 Mei.

“Keterlambatan ini disebabkan masih adanya data template excel yang belum terisi lengkap. Karena metode pengimputan IDM ini terbagi dua, yaitu pengimputan secara manual berupa pengisian melalui template excel dan pengimputan secara online,” ujarnya.

Lebih lanjut kata Rusli, pemuktahiran data IDM tahun 2024 ini merupakan bagian dari tindak lanjut pelaksanaan Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal
dan Transmigrasi Nomor 02 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun, yang mengatur tentang pendataan Desa. CH

- Advertisement -