Satu Satunya di Sulteng, Desa Labuan Belanda di Touna Lolos 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Desa Wisata Labuan Belanda di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, lolos 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2024.

Desa yang terkenal dengan beberapa keunikan dari daya tarik alam, budaya maupun kreatif menjadi satu-satunya desa wisata dari Provinsi Sulawesi Tengah yang masuk nominasi 50 besar.

Desa Wisata Labuan Belanda berlokasi di Kecamatan Ratolindo, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah.

Pengumuman 50 besar Desa Wisata Terbaik pada ADWI 2024 resmi diumumkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno.

- Advertisement -

“Untuk sampai di titik ini, perjalanan desa wisata tidaklah mudah. Bersaing dengan 6.016 desa wisata lainnya,” kata Sandiaga pada Minggu (26/5/2024).

Membuat desa wisata berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik desa wisatanya,” jelasnya menambahkan.

Menggali seluruh potensi dan menyajikannya dengan kemasan sangat menarik,” lanjutnya dalam unggahan video akun Instagram @anugerahdesawisataindonesia.

Penentuan 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2024 pun dilakukan dengan penilaian objektif para dewan juri.

“Setelah melalui proses kurasi yang panjang, analisis, dan penilaian secara objektif oleh seluruh tim dewan juri,” katanya.

Dari proses tersebut, Kemenparekraf telah mendapatkan desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024.

Inilah momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta ADWI 2024,” jelasnya.

Dengan teramat sangat bangga saya mengumumkan 50 Besar Desa Wisata Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024,” ujarnya menambahkan.

Satu per satu desa wisata terbaik pada ADWI 2024 pun diumumkan mulai dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan lainnya.

Untuk Pulau Sulawesi khususnya Sulawesi Tengah, Desa Wisata Labuan Belanda di Kabupaten Tojo Una-Una pun diumumkan.

Sebelumnya, dalam daftar 100 besar desa wisata terbaik ADWI 2024, ada lima desa wisata dari Provinsi Sulawesi Tengah yang masuk nominasi.

Selain Desa Wisata Labuan Belanda, ada Desa Wisata Tete B di Kabupaten Tojo Una-Una, Desa Wisata Angrek Karunia di Kabupaten Sigi, Desa Wisata Agromulyo Banggai di Kabupaten Banggai dan Desa Wisata Bone Baru di Kabupaten Banggai Laut. CH

- Advertisement -