Bupati Morut Panen Udang Vaname di Desa Ungkea

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi melakukan panen udang vaname di lahan pertambakan percontohan milik Kelompok Tani Tambak Mutiara Laut, Desa Ungkea, Kecamatan Petasia Timur, Selasa petang (16/4).

Lahan tambak sekitar 6 petak yang dipanen tersebut merupakan lokasi uji coba atas kerja sama Pemkab Morowali Utara dan Balai Budi Daya Air Payau Takalar, Kementerian Perikanan.

“Lokasi uji coba ini sudah menerapkan sistem budidaya intensif. Dari enam petak yang dipanen, menghasilkan sekitar 25 ton udang vaname,” kata Kadis Perikanan Morut Yunber Bamba, S.Pi, M.Si.

Hasil panen itu diangkut dengan kendaraan truk berpendingin menuju Makassar, Sulsel, untuk selanjutnya diekspor melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

- Advertisement -

Menurut keterangan Balai Budi Daya Air Payau Takalar, uji coba budidaya di Ungkea ini merupakan yang paling berhasil dari beberapa uji coba dengan sistem budidaya sejenis di daerah lainnya.

Bupati Morut Delis J. Hehi menyampaikan terima kasih kepada Balai Budidaya Air Payau Takalar atas kerja samanya sehingga lahan tambak milik Kelompok Tani Tambak Mutiara Laut bisa menghasilkan panen yang maksimal.

“Ini sangat membantu Morut untuk mencapai swasembada udang serta mempercepat peningkatan derajat kesejahteran rakyat,” ujar Delis.

Ketua Kelompok Tani Tambak Mutiara Laut H. Mahmud Nusu mengucapkan terima kasih kepada Bupati Morut Delis J. Hehi atas upayanya sehingga kelompok tani tambak Ungkea bisa menjadi obyek dalam meningkatkan produktivitas tambak untuk kesejahteraan petambak. CHEM

- Advertisement -