Bupati Lahay: Jadikan Pekan Kreasi Budaya dan Inovasi Desa Mampu Mewujudkan Desa Mandiri dan Sejahtera

0
Foto: Bupati Touna Mohammad lahay saat disambut dengan tarian adat saat membuka Pekan Kreasi Budaya dan Inovasi Desa di Desa Mire Kecamatan Ulubongka (Kominfo)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Bupati Tojo Una-Una (Touna) Mohammad Lahay membuka kegiatan Pekan Kreasi Budaya dan Inovasi Desa Tahun 2024 yang dilaksanakan di Lapangan Bukit Katopas Desa Mire, Kecamatan Ulubongka, Senin (11/02/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Mire, mengusung tema “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Menuju Desa Mandiri” dengan semboyan “Sintuwu Mangwangu Lipu”.

Kegiatan Pekan Kreasi Budaya dan Inovasi Desa ditandai dengan tarian penyambutan Mokanta oleh tokoh tokoh adat Desa Mire dan penampilan Vocal Grup yang menyanyikan lagu Daerah Tanah Wana.

Bupati Touna Mohammad Lahay mengatakan, kegiatan ini tidak sekedar seremonial belaka, serta bukan hanya untuk kepentingan pemerintah desa semata, tapi untuk seluruh masyarakat desa.

- Advertisement -

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan inovasi inovasi baru untuk pengembangan pada tingkat desa, bahkan sampai ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” sebut Bupati Mohammad Lahay.

Muara dari apa yang telah dilakukan sampai saat ini adalah untuk memajukan perekonomian masyarakat desa, meningkatkan kesejahteraan dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan.

Untuk itu, sudah menjadi suatu keharusan bagi pemerintah desa, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat menuju desa mandiri dengan penuh kreativitas dan inovasi dalam mengembangkan kualitas sumber daya manusia dan pengelolaan sumber daya alam.

“Saya berharap kepada pemerintah Desa Mire dapat berperan dan berfungsi dalam menjalankan roda pemerintahan desa dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mewujudkan desa mandiri dan juga mewujudkan Kabupaten Tojo Una Una yang tangguh maju dan sejahtera,” tutupnya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Ketua Karang Taruna Kabupaten Tojo Una-Una Imam Kurniawan Lahay yang diserahkan oleh Bupati Mohammad Lahay kepada Karang Taruna Desa Mire.

Selanjutnya, Bupati mengunjungi stand stand pameran untuk melihat beberapa kerajinan lokal masyarakat Desa Mire.

Turut hadir sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Tojo Una-Una, Camat Ulubongka beserta Unsur Muspika Kecamatan Ulubongka, Kepala Desa Mire, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya. CH

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini