Kodim Poso Gandeng Pelajar Gelar Deklarasi Pemilu Damai

0
Foto: Deklarasi Pemilu Damai yang digelar Kodim 1307 Poso bersama para pelajar se Kabupaten Poso (Ist)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Komandan Kodim (Dandim) 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, SH,M.Hub.Int menggandeng para Pelajar SMA/SMK Se-Kabupaten Poso menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 dengan tems Tanpa Ujaran Kebencian Dan Hoax. Deklarasi dilaksanakan di Lapangan Indoor Makodim 1307/Poso jalan Urip Sumaharjo Kelurahan Bonesompe Kecamatan Poso Kota Utara, Jumat (2/2/2024).

Hadir dalam Kegiatan tersebut, Bupati Poso yang di wakili Asisten III, Ruddy Ricardo Rompas, SH,MSi, Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin, SH,M.Hub.Int, Kajari Poso, Imam Sutopo, SH,MH, Waka Polres Poso Kompol Basrun Syichbutuh, SH, Wakil Ketua DPRD Poso, Romy S. Alimin, SE, Danden Zipur 15/SLM, Mayor Czi Septeoni Firdaus KD, Kasdim 1307/Poso, Mayor Inf Ahmad Jayadi, Wadan Yonif 714/SM Kapten Inf Muh. Hanif Kusprasetyo, SIP, Ketua KPU Poso, Muh. Ridwan Dg. Nusu dan anggota Bawaslu Wisnu Pratala serta siswa siswi SMA/SMK se Kabupaten Poso yang berjumlah 500 orang.

Dalam sambutannya, Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Hasroel Tamin mengajak kepada seluruh peserta deklarasi untuk bersama sama turut memastikan bahwa Pemilu Damai tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan Pemilu.

“Sekarang sudah bukan saatnya masa kampanye diisi dengan kegiatan yang tidak produktif dan berpotensi menimbulkan keresahan di masyarakat. Mari kita saling bekerja sama, sehingga Pemilu 2024 dapat menjadi bukti bahwa masyarakat telah kian cerdas dalam berpolitik, sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan kita sebagai Bangsa Indonesia,” ujar Dandim Poso.

- Advertisement -

Letkol Inf Hasroel Tamin menambahkan, menjaga kedamaian selama Pemilu adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa, tanpa terkecuali. Untuk itu dalam Deklarasi kali ini Dandim 1307/Poso menggandeng para pelajar SMA/SMK seluruh Kabupaten Poso untuk bersama sama mendeklarasikan Pemilu Damai 2024.

“Adik adik para pelajar adalah pemilih pemula yang akan memberikan hak pilihnya pada Pemilu nantinya. Saya berharap semua betul betul menyalurkan hak pilihnya dan bisa memilih pemimpin untuk bangsa kita,” pesan Letkol Inf Hasroel Tamin.

Menurut Dandim, Kabupaten Poso merupakan salah satu barometer bagi Bangsa Indonesia, sehingga dia berharap para Pelajar SMA/SMK di seluruh Kabupaten Poso, bisa menjadi pelopor Pemilu Damai 2024 ini. Sekaligus bersama-sama mencegah hoaks dan informasi yang tidak benar.

“Kabupaten Poso merupakan salah satu barometer bagi bangsa ini, kalau Kabupaten Poso aman, saya yakin Negara kita juga aman. Mari kita fokus dan kita pastikan tidak ada ujaran kebencian, tidak ada hoax dan tidak ada penyebaran informasi yang tidak benar. Mari kita semua bersama-sama sukseskan Pemilu Damai di Kabupaten Poso,” harap Letkol Inf Hasroel Tamin.

Sementara, Kapolres Poso yang diwakili oleh Waka Polres, Kompol Basrun Syichbutuh, SH menyampaikan apresiasinya atas langkah Dandim 1307/Poso untuk menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024, Tanpa Ujaran Kebencian Dan Hoax dengan menggandeng para Pelajar SMA/SMK Se-Kabupaten Poso.

“Kegiatan ini sangat luar biasa. Melibatkan anak-anak peserta didik untuk sama-sama melakukan Deklarasi Pemilu Damai untuk sama-sama sepakat mensukseskan Pemilu 2024,” ucap Wakapolres.

Ia memastikan, di Kabupaten Poso tidak ada daerah kerawanan Pemilu khusus 2024 ini. Namun diharapkan agar dengan hadirnya anak-anak peserta didik memberikan hak pilih dan mendukung partisipasi pemilih pada Pemilu 2024 ini.

“Untuk saat ini Kabupaten Poso tidak ada daerah kerawanan Pemilu, namun Kita berharap pada saat Pemilu nantinya akan meningkat partisipasi pemilih, terutama pemilih pemula di Kabupaten Poso,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu, para pelajar melakukan deklarasi pemilu damai dengan tiga poin isi deklarasi. ULY

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini