Kisruh Lahan Warisan, Warga Desa Lemboroma Datangi Kediaman Bupati Delis

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Sejumlah masyarakat Desa Lemboroma Kecamatan Lembo Kabupaten Morowali Utara, temui Bupati Morowali Utara Dr dr Delis Julkarson Hehi Mars di kediamannya rumah jabatan bupati di Kolonodale, Rabu (24/1/24).

Kedatangan sejumlah masyarakat desa tersebut tidak lain adalah berkaitan dengan kisruh lahan warisan  leluhur Desa Lemboroma yang diklaim oleh dua oknum kelompok asal Desa Korowau Kecamatan Lembo yang bersebelahan dengan desa tersebut.

Dalam pertemuan dengan Bupati Morut tersebut, sejumlah masyarakat Lemboroma membawa dokumen dan menyerahkan bukti sejarah asal usul tempat kediaman orang tua ataupun nenek moyang mereka, yang coba diklaim oleh kelompok tersebut.

Di mana di ketahui dalam lahan tersebut masih terdapat bukti bukti sejarah seperti kuburan orang tua mereka, serta tanaman tahunan berupa sagu dan lainnya.

- Advertisement -

“Walaupun secara hukum (yuridis) belum diterbitkan SKPT ataupun sertifikat hak milik dari pemerintah desa setempat. Namun sebagai bukti asal usul lahan tersebut bisa dibuktikan dengan saksi orang tua yang masih hidup hingga sekarang dari para leluhur kami,” tutur warga saat pertemuan dengan bupati itu.

Mereka juga mengklaim yang mana awalnya orang tua mereka turun temurun tinggal dan berkebun di lahan tersebut. Oleh karena itu maka masyarakat yang hendak mengambil dan mengolah kembali lahan tersebut merasa terintimidasi oleh oknum kelompok yang juga mencoba mengklaim lahan tersebut.

Namun dengan bukti bukti sejarah tanaman yang ada, dan masih ada orang tua sebagai saksi sejarah yang dapat membuktikan yang mana lahan tersebut adalah bekas pemukiman dan lahan perkebunan sejumlah warga dan orang tua mereka saat itu, maka sejumlah warga tersebut menemui bupati Delis.

Dihadapan bupati saat pertemuan itu, terungkap usulan warga Desa Lemboroma terhadap pemerintah daerah agar secepatnya dimediasi penyelesaian sengketa tersebut agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Bupati Delis, saat pertemuan tersebut mengatakan akan menindaklanjuti laporan ataupun tuntutan warga Desa Lemboroma dan akan menghadirkan semua yang terlibat didalamnya pada pertemuan Senin depan. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini