Pasca Gempa Magnitudo 5,4, Fiky Felix Gagas Dialog Kebencanaan di Touna

0
Inisiator Touna Baku Bantu (TBB) Fiky Felix
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Komunitas Touna Baku Bantu (TBB) Kabupaten Tojo Una una (Touna) Provinsi Sulteng, akan menggagas acara diskusi dan dialog pasca gempa yang terjadi di Touna berkekuatan mangnitudo 5,4 pada Sabtu (20/1/2024).

Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 tersebut mengguncang Kota Sivia Patuju dan menyebabkan beberapa warga mengungsi serta rumah rusak ringan. Daerah yang terdampak utamanya Kecamatan Ulubongka.

Ketua PPDI Sulteng, Fiky Felix, selaku penggagas dialog mengatakan, rencana diskusi pada hari Rabu mendatang tanggal 24 Januari 2024.

“Kami ingin ada dialog dengan menghadirkan BMKG, pemerintah daerah, dan LSM. Dari hasil dialog ini ada langkah-langkah strategis yang akan disampaikan kepada pemerintah daerah,” ujarnya.

- Advertisement -

Gempa bumi, kata dia, dapat menyebabkan kerusakan besar pada bangunan serta dapat menelan korban jiwa.

Oleh karena itu, dibutuhkan pengetahuan kebencanaan di wilayah gempa, terutama di Tojo Una una yang memiliki pengalaman bencana gempa di masa lalu.

Feky berharap, masyarakat ingin mengetahui apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana. Oleh karena itu, dialog pasca bencana ini diharapkan dapat memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat tentang kebencanaan. CH

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini