Anak Suku Mori “Molongkuni” Gelar Seminar Adat Mori

0
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Suku Molongkuni adalah salah satu anak suku dari 44 anak suku yang ada di Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah yang sampai saat ini masih berpegang teguh dengan adat istiadatnya.

Dengan diadakannya seminar adat mori oleh anak suku mori ‘Molongkuni’ disitu menandakan bahwa masyarakat Wita Mori masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai para leluhur sebelumnya.

Seminar yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Tengkea’o Rabu (6/12-23) bertujuan untuk melestarikan adat istiadat di daerah Mori secara khusus oleh anak suku Mori Molongkuni dan adanya keseragaman dalam kerjasama pelaksanaan apapun anak suku Mori Molongkuni serta memahami dengan jelas hubungan tradisi, adat istiadat dan hukum formal yang berlaku.

Pada kegiatan tersebut turut hadir Staf Ahli Delnan Launde, Kepala Desa Tengkea’o A.S. Tampake, Ketua Adat Tengkea’o Nestorius Lagarinda, Ketua Dewan Adat, Babinkamtibmas, Para Tokoh Adat, Para Kepala Desa dan tamu undangan lainnya.

- Advertisement -

Dalam Sambutannya Delnan Launde berharap dengan adanya keberagaman anak suku Mori adat istiadat semakin terjaga.

Dan hasil seminar hari ini akan dapat melahirkan keputusan yang bisa memperdayakan masyarakat terkhusus anak suku Molongkuni serta dapat bersinergi dengan pihak pemerintah daerah agar dapat terciptanya masyarakat yang Sehat Cerdas dan Sejahtera (SCS).

Kades Tengkea’o juga menyampaikan dengan hal yang senada dan sedikit menambahkan agar kedepannya para generasi penerus agar tetap mengikuti jejak serta melestarikan dan menjaga nilai-nilai adat Wita Mori demi kemajuan Kabupaten Morowali Utara. CHEM

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini