Bupati Verna: Tanpa Inovasi Pembangunan Berjalan Lambat

0
Foto: Kegiatan Diklat PBB-P2 tingkat dasar di lingkungan Pemkab Poso (Kominfo)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Otonomi Daerah membawa konsekuensi terhadap makin besarnya penyerahan wewenang dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Namun disatu sisi pemerintah daerah memiliki kewenangan yang besar untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri dalam menyelenggarakan pemerintahan secara bertanggung jawab.

Hal tersebut disampikan Bupati Poso Verna Inkiriwang melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs, Abdul Kahar Latjare, M. Si saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Penilai Pajak PBB-P2 tingkat dasar tahun 2023 kerjasama Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso dan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) lingkup Pemerintah Kabupaten Poso baru baru ini.

Menurut Bupati Poso bahwa kewenangan yang luas membutuhkan kebijakan, regulasi dan inovasi. Karena tanpa regulasi dan kebijakan, potensi dan sumber daya yang ada tidak dapat di kelola secara optimal dan berpeluang terjadinya penyimpangan.

“Tanpa inovasi progres sebuah pembangunan akan berjalan lambat bahkan stagnan. Untuk itu saya mengapresiasi upaya Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Poso yang menyelenggarakan kegiatan pada hari ini dengan melibatkan lembaga akademisi, sehingga potensi yang ada di wilayah Kabupaten Poso dapat dioptimalkan untuk mendukung pembangunan daerah,” terangnya.

- Advertisement -

Kondisi wilayah Kabupaten Poso masih memiliki banyak potensi yang belum sepenuhnya digali, terutama potensi pendapatan daerah pada bumi dan bangunan. Sehingga perlu adanya sinergi dan kolaborasi yang kuat antara pemerintah dan akademisi untuk mendorong pertumbuhan pendapatan daerah seiring dengan perkembangan kebutuhan penganggaran pembangunan daerah.

Bupati berharap Diklat yang strategis tersebut menjadi penguatan sumber daya manusia sebagai mesin birokrasi Kabupaten Poso dalam mendukung program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Poso dengan tujuh pilar unggulan. Yaitu, Desa Maju, Poso Sehat, Poso Pintar, Poso Sejahtera, Poso Pakaroso, Poso Harmoni dan Tangguh serta Poso Bersinar dan Terdepan.

Turut mendampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada diklat tersebut Kadis Kominfosandi Poso Reza Rangga, SSTP, M.Si, pemateri Direktur PKN STAN Jakarta dan dihadiri beberapa kepala OPD Poso serta peserta Diklat. ULY

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini