Lapas Ampana Tingkatkan Minat Baca Warga Binaan

0
Foto: Warga Binaan Lapas Ampana sedang menikmati bacaan di perpustakaan Lapas sambil diawasi petugas (Dok. Lapas Ampana)
- Advertisement -

POSONEWS.ID – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ampana terus berupaya meningkatkan minat baca para warga binaan. Hal ini menjadi salah satu program kerja Lapas Ampana yang terus digalakkan agar warga binaan memperoleh pengetahuan selama berada di dalam Lapas.

Seperti yang terpantau di ruang Pustaka Baca Lapas Ampana Selasa (21/11/2023). Suasana di Pustaka Baca MATA LASPANA perpustakaan di dalam Lapas Ampana, menjadi semakin hidup dengan antusiasnya para warga binaan dalam membaca.

Perpustakaan MATA LASPANA menyediakan berbagai koleksi buku. Mulai dari buku keagamaan, sejarah, pertanian, peternakan, bengkel dan buku-buku edukasi lainnya. Setiap tiga bulan sekali, buku-buku yang ada akan ditukar kembali ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tojo Unauna. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan minat baca sehingga kegiatan membaca buku dapat terus menjadi kegemaran bagi warga binaan.

Kasubsi Registrasi Lapas Ampana Heriyanto mengatakan, minat baca warga binaan Lapas Ampana mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah buku bacaan di perpustakaan MATA LASPANA menjadi variatif.

- Advertisement -

“Untuk warga binaan sendiri, seperti yang kami lihat, mereka memiliki minat baca yang tinggi. Hal itu dikarekan penyajian buku disini kita isi dengan buku-buku yang menarik dengan berbagai sumber bacaan,” ujarnya.

Pendampingan dan bimbingan dari para petugas Lapas Ampana juga telah mendorong semangat membaca para warga binaan.

“Melalui kegiatan membaca ini, kami berharap para warga binaan dapat mengisi waktu mereka dengan kegiatan yang positif dan mendidik. Membaca buku juga dapat menjadi salah satu upaya untuk mempersiapkan diri mereka kembali ke masyarakat dengan pengetahuan yang lebih luas,” tutur Heriyanto. ULY

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini