Porprov Sulteng Ke-9 Resmi Ditutup, Banggai Kokoh di Posisi Pertama dengan 80 Medali Emas

0

POSONEWS.ID – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) Ke-9 Tahun 2022 secara resmi telah berakhir.

Acara penutupan perhelatan olahraga terbesar di Sulteng itu, dilaksanakan di Bukit Halimun, Kelurahan Tombang Permai, Kecamatan Luwuk Selatan, pada Sabtu (17/12/22).

Masyarakat Banggai yang memadati venue kegiatan, tidak hentinya bertepuk tangan dan bersorak-sorai tatkala Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulteng, Nizar Rahmatu mengumumkan bahwa Banggai menempati posisi “Sambatu” pada klasemen, alias berhasil meraih juara umum.

“Total medali yang diraih Banggai sebanyak 221, yang terdiri dari 80 medali emas, 65 perak, dan 76 perunggu,” sebut dia.

Menyusul Kota Palu di urutan kedua dengan 69 medali emas, 75 perak dan 76 perunggu. Kemudian, Nizar melanjutkan, di urutan ketiga, ada Kabupaten Sigi yang memperoleh 48 medali emas, 29 perak dan 37 perunggu.

Adapun urutan peringkat Kabupaten/Kota dari posisi empat hingga ke tiga belas, dilansir dari laman resmi KONI Sulteng adalah, Kabupaten Morowali, Parigi Moutong, Toli-Toli, Poso, Donggala, Tojo Una-Una, Buol, Banggai Kepulauan, Morowali Utara dan Banggai Laut.

Di akhir sambutannya, Ketua KONI Sulteng mengapresiasi Kabupaten Banggai sebagai tuan rumah karena telah mampu melaksanakan Porprov dengan baik dan lancar.

“Semua segi aman terkendali, bahkan info resmi terdigitalisasi lewat aplikasi e-sambatu, saya harap siapapun yang menjadi tuan rumah nanti dapat mencontoh Banggai,” puji dia.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan plakat Juara Umum oleh Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura kepada Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin, MM.

Porprov Sulteng IX Tahun 2022 ditutup secara resmi oleh Gubernur dengan memukul gong yang dibawah oleh salah seorang pemangku adat dari Kecamatan Batui. Gong tersebut, dari keterangan pewara, adalah gong yang digunakan pada pelaksanaan upacara adat kebanggaan Banggai, “Mombowa Tumpe”.

Sebelum melakukan hal demikian. Terlebih dahulu H. Rusdy Mastura memberikan sambutan. Di sela-sela pidatonya, Gubernur berharap agar para atlet giat berlatih untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional di Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024 mendatang.

“Target kita untuk PON adalah peringkat 10 besar, tapi kalau bisa lebih, kenapa tidak,” jelas mantan Wali Kota Palu dua periode itu.

Ir. H. Amirudin, MM dalam sambutan sebagai tuan rumah, berharap semoga para peserta yang berasal dari daerah lain merasa beta dan membawa pulang kenangan yang manis perihal pengalamannya ketika berada di Kota Luwuk.

“Walaupun hanya seminggu menjadi Warga Luwuk, tapi semoga kenangan yang dibawa pulang adalah kenangan yang baik, jangan lupa untuk kembali kemari!” pinta orang nomor satu di Bangga itu.

Turut hadir bersama Bupati dan Gubernur di tribun kehormatan, Ketua KONI Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman, Unsur Forkopimda Provinsi Sulteng, Pimpinan dan Anggota DPRD Sulteng, Bupati, Walikota, Forkopimda, Ketua-Ketua KONI, serta sejumlah pejabat perwakilan masing-masing Kabupaten/Kota.

Penutupan Porprov Sulteng Ke-9 disiarkan secara live streaming oleh DKISP Banggai di kanal youtube resmi mereka. CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here