PKK Kecamatan Lembo Raya Wakili Morut Pada Lomba Masak Serba Ikan di Tingkat Provinsi

0

POSONEWS.ID – Tim Penggerak PKK Kecamatan Lembo Raya berhasil tampil sebagai juara umum pada lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Morowali Utara yang digelar di Hotel Bougenville Kolonodale, Kamis (8/12/2022).

Selain mendapatkan trophy, Lembo Raya juga secara otomatis akan mewakili Kabupaten Morowali Utara ke ajang lomba masak serba ikan tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Palu.

Lomba masak serba ikan tingkat kabupaten, dibuka oleh Ketua TP PKK Morut Febriyanthi H DJ Hehi, S.Si, Apt, selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Morut.

Lomba ini dilaksanakan oleh Dinas Perikanan Morut bekerja sama dengan TP PKK Morut.

Dewan juri terdiri dari empat orang di antaranya Ketua TP PKK Morut dan ahli gizi dari RSUD Kolonodale dr. Syaiyed Jamaluddin, SP, GK.

Peserta dari PKK kecamatan se Kabupaten Morowali Utara menampilkan masakan dengan bahan dasar ikan untuk kategori menu balita, menu kudapan (snack) dan menu keluarga.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan itu, ibu Febriyanthi mengemukakan lomba ini merupakan momen untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan sehari-hari.

“Lewat lomba ini diharapkan muncul inovasi menu-menu dari bahan dasar ikan agar penyajiannya tidak monoton,” ujar istri Bupati Morut tersebut.

Ia juga berharap ada menu-menu ini ditampilkan ini tidak hanya muncul saat diperlombakan tetapi juga bisa terhidang di meja makan di rumah masing-masing.

“Saya selalu bilang, kita jangan cuma jago memasak ketika di lomba tetapi ketika di rumah kita masing-masing meja kosong melompong,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Morut, Yunber Bamba, A.Pi, M.Si selaku Ketua Panitia Pelaksana lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Morowali Utara mengemukakan, lomba ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat ikan bagi kesehatan dan kecerdasan anak.

Selain itu, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan.

Tujuan selanjutnya adalah memperkenalkan ragam menu dan bahan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas.

“Pemenang dalam lomba ini akan mewakili Morut pada lomba masak serba ikan tingkat Provinsi Sulteng,” jelas Yunber.

Acara pembukaan lomba turut dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan Daerah, Patta Toba, SE dan Kepala Bapelitbangda Gersom Tandi, M.Eng.

Pemenang lomba masak serba ikan tingkat Morut selengkapnya adalah:

Menu balita, juara I PKK Lembo Raya 1, juara II PKK Petasia Timur, juara III PKK Petasia 1.

Menu kudapan, juara I PKK Lembo Raya 2, juara II PKK Lembo Raya 1, juara III PKK Petasia 2.

Menu keluarga, juara I PKK Lembo, juara II PKK Bungku Utara dan juara III PKK Mamosalato. CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here