Serter Merupakan Wujud Darma Bhakti TNI Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

0
Foto : Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayor Jenderal Purwo Sudaryanto didampingi Danrem 132/Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto dan Bupati Poso Verna Inkiriwang, saat disambut secara adat dalam penutupan Serter di Desa Dewua Kabupaten Poso (Ist)

POSONEWS.ID – Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI Mayor Jenderal Purwo Sudaryanto  secara resmi menutup pelaksanaan kegiatan Serbuan Teritorial (Serter)  di wilayah Korem 132 Tadulako yang dipusatkan di wilayah Kodim 1307 Poso, Selasa (11/10/2022).  

Upacara penutupan dilaksanakan  di lapangan Desa Dewua, Kecamatan Poso Pesisir Selatan. Hadir mendampingi Aster Panglima TNI diantaranya Danrem 132 Tadulako Brigjen Toto Nurwanto, SIP, MSi, Bupati Poso dr Verna Inkiriwang, Dandim 1307 Poso Letkol Inf Hasroel Tamin, Dan Yonif 714 Sintuwu Maroso Letkol Inf Awaludin dan sejumlah pejabat Korem 132 Tadulako dan Forkopimda Poso.

Serbuan Teritorial di wilayah kabupaten Poso ini  mengusung tema “Dengan semangat Serbuan Teritorial TNI, kita tingkatkan kegiatan Binter TNI secara masif guna mengatasi kesulitan rakyat,”  merupakan salah satu program yang sengaja digagas oleh TNI dalam upaya membantu dan mengatasi kesulitan yang dihadapi warga, meningkatkan ekonomi, sekaligus memberikan pemahaman terhadap para warga akan pentingnya menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme.

- Advertisement -

Aster Panglima TNI Mayor Jenderal Purwo Sudaryanto  dalam amanatnya antara lain mengatakan, selaras dengan tema Serbuan Teritorial, pihak TNI  berharap kegiatan ini akan menjadi wujud Dharma Bakti TNI dalam membantu pemerintah daerah mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimanapun berada.

“Semuanya adalah bentuk kemanunggalan TNI di tengah masyarakat, semoga tahun depan Serter dapat kembali berlangsung di Poso sesuai keinginan Panglima TNI saat berkunjung ke Poso beberapa saat lalu,” ungkap Aster Panglima TNI.

Lanjut dikatakan, TNI  senantiasa memelihara spirit dan semangat kebersamaan, persatuan, toleransi atas perbedaan. “Budaya gotong royong kita hidupkan kembali, sebagai sarana kebersamaan sekaligus memupuk dan memperkuat rasa persatuan diantara kita,” urainya.

Selanjutnya Aster juga minta agar fasilitas dan sarana prasarana yang telah dibangun ini senantiasa dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat dalam kurun waktu yang cukup lama.

Kegiatan Serbuan Teritorial (Serter) yang berlangsung selama 30 hari ini sebagaimana sambutan Kaster Korem 132 Tadulako Kol (Inf) Fifin Zudi Saifudin mengatakan, Serter yang berlangsung di Desa Dewua Kecamatan Poso Pesisir Selatan ini berhasil menyelesaikan renovasi rumah layak huni sebanyak 20 rumah warga, renovasi dua rumah ibadah masing-masing gereja dan masjid, pembangunan dua jembatan gantung, pemberian 100 paket sembako serta pemberian bantuan sarana olahraga.

Kegiatan penutupan Serter juga ditandai dengan penyerahan bantuan alat perlengkapan sekolah kepada sejumlah siswa siswi serta bantuan peralatan olahraga bagi kelompok pemuda setempat. Selain itu Aster Pangkima TNI bersama rombongan juga menyempatkan meninjau langsung pembangunan jembatan gantung yang dibangun oleh anggota TNI. ULY

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here