Ida Bagus dan Gladys Lalenda Terpilih Sebagai Duta GenRe Morut 2022

0

POSONEWS.ID – Ida Bagus Putu Darma dari Kecamatan Mamosalato dan Gladys Lalenda yang mewakili Kecamatan Petasia masing-masing terpilih sebagai juara I putra-putri sekaligus dinobatkan sebagai Duta GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Morowali Utara tahun 2022.

Kedua remaja ini tampil sebagai pemenang menyisihkan para unggulan lainnya yang mewakili sepuluh kecamatan se Kabupaten Morowali Utara.

Penetapan pemenang itu diputuskan tim juri pada pemilihan Duta GenRe Kabupaten Morowali Utara yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati Morut, Jumat (30/9/2022).

Awalnya finalis yang berjumlah 20 orang (10 putra dan 10 putri) yang mewakili 10 kecamatan, tampil di panggung dengan pakaian adat. Setelah itu mereka harus diuji tim juri yang mengajukan beberapa pertanyaan.

Tim juri itu berjumlah tiga orang yakni Bunda GenRe Morut yang juga Ketua TP PKK Morut Febriyanthi H DJ Hehi, Subkoordinator Bina Ketahanan Remaja Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tengah, Sakkirang, dan Kabid Pengembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Morut, Andi Mashita.

Selama penilaian berlangsung, ruangan gedung pola terus bergemuruh, terutama saat panitia mengumumkan pemenang. Para remaja dan orang tua yang hadir terus memberi support kepada kandidat yang mereka unggulkan.

Berdasarkan keputusan tim juri, hasil Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Morowali Utara tahun 2022 selengkapnya sbb:

Juara I putra Ida Bagus Putu Darma (Mamosalato), juara I putri Gladys Lalenda (Petasia), juara II putra Agus Setiawan (Petasia), juara II putri Aurel Christania Marande (Mori Atas), juara III putra Albert (Lembo Raya), juara III putri Gizka Woso (Lembo).

Selanjutnya, harapan I putra Yonathan Abner Tagoe (Lembo), harapan I putri Risdian Kawoko (Petasia Timur), kemudian harapan II putra Ketut Darmayasa dan putri Reskina Tambing (Petasia Barat).

Pemilihan Duta GenRe Morut ini juga dimeriahkan dengan hadirnya Duta GenRe Provinsi Sulteng Ana Falfana.

Di akhir acara, Bupati Morut Delis Julkarson Hehi berkesempatan hadir untuk menyerahkan puafan dan trophy kepada para pemenang.

Menurut Kepala Dinas P2KBP3AD Morut Romelius Sapara, Duta GenRe Morut ini selanjutnya akan mewakili daerah ini pada pemilihan Duta GenRe tahun 2023 tingkat Provinsi Sulteng.

Seperti diketahui, Duta GenRe merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk figur teladan serta motivator di kalangan remaja yang dilaksanakan oleh BKKBN bekerjasama dengan Pemda setempat.

Fokus tugas Duta Genre adalah memberikan wawasan kepada generasi muda tentang kesehatan reproduksi, serta menciptakan remaja bebas narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS. (MC/CHEM)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here