Pers di Morut Sepakat Bentuk Forum Komunikasi Jurnalis (FKJ)

0
Foto: Sejumlah wartawan di Morut saat pembentukan Forum Komunikasi Jurnalis (FKJ) (Ist)

POSONEWS.ID – Belasan wartawan dari berbagai media jurnalistik yang beraktivitas di Morowali Utara, sepakat membentuk Forum Komunikasi Jurnalis Morowali Utara di singkat FKJ-Morut sebagai wadah bersama dalam meningkatkan kontribusi pers terhadap pembangunan Morut.

Dalam pertemuan yang dipimpin jurnalis media online sulteng.antaranes.com, Rolex Malaha di Kolonodale, Selasa (27/9) siang, para jurnalis ini sepakat bulat untuk menjadikan FKJ-Morut sebagai wadah bersama dengan dua tujuan utama.

Tujuan pertama adalah menjadi forum atau wadah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik yakni mencari, mengumpulkan, mengolah, memverifikasi data dan informasi untuk ditulis dan disebarluaskan kepada publik melalui media masing-masing dalam bentuk tulis, foto, vidio atau sketsa.

Tujuan kedua adalah menjadi wadah kemitraan dengan semua stakeholder untuk kepentingan pemberitaan.

“FKJ Morut akan kita jadikan mitra dengan siapapun atau pihak manapun yang membutuhkan peran jurnalis dalam mempublikasikan program dan kegiatannya,” ujar Rolex yang juga Pemimpin Umum Media Center Delis & Djira tersebut.

Jurnalis Mercusuar Group Ivan Tagora mengatakan FKJ-Morut diharapkan menjadi kelompok strategis dalam membangun Morut ke depan dengan menjalankan fungsi-fungsi pers dengan konsisten.

Tidak hanya fungsi pemberitaan yang membangun, memberdayakan dan menghibur tetapi juga mengontrol pemerintah, legslatif, yudikatif, pengusaha dan lembaga-lembaga lainnya agar menjalankan tugas dan fungsinya melayani dan mensejahterakan masyarakat dan menjaga lingkungan.

“Komitmen kita jurnalis agar daerah ini maju. Kita mengawal semua pihak baik pemerintah, legislator, penegak hukum, pengusaha dan kelompok-kelompok masyarakat agar menjalankan tugas dengan baik untuk kesejahteraan dan kemajuan Morut,” kata Michael Sorisi dari metrosulteng.com.

Sementara itu Chem Siombo dari poso.news menegaskan bahwa untuk berperan lebih maksimal, semua jurnalis harus terus berupaya meningkatkan profesinalismenya, keterampilan jurnalistik dan kepatuhan terhadap UU Pers dan Kode Etik,karna Pers berperan untuk memastikan bahwa warga negara mendapatkan hak-hak mereka. Peran ini termasuk dalam fungsi pengawalan hak warga negara.

Pers berperan sebagai perantara untuk masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, kritik dan saran kepada pemerintah.Pers memiliki peran yang signifikan dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan tetap menjunjung tinggi kekritisan, pers dapat menyajikan informasi yang bersifat pengetahuan untuk menambah wawasan masyarakat.

Penyajian berita yang benar, jujur dan bertanggung jawab juga menjadi bagian dari usaha mencerdaskan kehidupan bangsa.”tambahnya.

“FKJ-Morut ini kita jadikan wadah bersama yang secara rutin dan berkelanjutkan kita gunakan untuk berlatih agar semakin profesional,” ujar Ronal Parenta.

Sementara Alfred Lande, jurnalis serior mantan pewarta Kompas Group itu berharap FKJ-Morut digunakan untuk mendiskusikan berbagai hal tentang Morut, baik dari sisi pemerintahan, politik, sosial, ekonomi, pariwisata, dan lain sebagainya.

“Saya berharap kita semua komitmen, konsisten dan bersatu hati untuk membantu bangun Morut lewat profesi kita sebagai jurnalis,” kata Alfred yang juga Pemred Media Center Delis-Djira ini.

Semua jurnalis yang hadir menyambut baik rencana pembentukan FKJ Morut yang diharapkan menjadi forum pemersatu jurnalis Morut untuk memberikan kontribusi yang lebih signifikan dalam menjaga keutuhan dan kerukunan hidup masyarakat Morut.

“Daerah kita ini dikenal sebagai daerah kaya sumber daya alam (SDA), terutama tambang dan perkebunan. Kita harus kawal pemanfaatan SDA Morut ini agar dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Rolex Malaha yang juga Saksi Ahli Pers pada Dewan Pers tersebut.

Ronal Parenta juga berharap agar FKJ Morut ini nantinya bisa mewadahi jurnalis Morut untuk bermitra dengan BPJS Ketenagakerjaan sehingga wartawan-wartawan di Morut bisa terlindungi program asuransi kecelakaan kerja.

FKJ-Morut direncanakan akan segera dideklarasikan setelah sebuah tim khusus membuat narasi deklarasi dan menyusun personalia pengurus FKJ-Morut. CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here