Tingkatkan Kemitraan, Ketua DPRD Morut Temu Silaturahmi Dengan Awak Media 

0
78
Foto: Ketua DPRD Morut Hj.Megawati Ambo Asa S.Ip MH menggelar silaturahmi dengan sejumlah awak media yang bertugas di wilayah itu (Semuel)

POSONEWS.ID –  Dalam upaya mempererat hubungan kemitraan media dengan institusi parlemen di Morowali Utara (Morut), Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali Utara, Hj Megawati Ambo Asa, S.IP, MH, gelar temu silaturahmi dengan sejumlah awak media, Selasa, (13/9/22). 

Pertemuan yang dikemas dalam suasana kekeluargaan itu, bertujuan untuk lebih mengintenskan komunikasi kemitraan dalam preventif transformasi akses Informasi dan perkembangan isu global, khususnya di daerah Morut dan sekitarnya. 

Demikian disampaikan Hj. Megawati Ambo Asa, dalam diskusi publik dengan sejumlah awak media, di Rumah Jabatan (Rujab) Ketua DPRD Morut, Sulteng, Selasa, (13/9/22) Sore hari. 

Pada kesempatan itu, Hj. Megawati meminta kepada awak media untuk terus mengawal perkembangan isu sosial secara universal, terkait realisasi program pembangunan di daerah Morowali Utara. 

“Kita berharap kepada rekan rekan media agar dapat melakukan upaya pegawalan setiap perkembangan isu secara universal di Morowali Utara”, ucap Megawati. 

 Megawati : Insan Pers adalah Mitra, Kita Jangan Alergi Dengan Kritikan 

Terkait peran dan fungsi Pers, Hj. Megawati, melalui momentum silaturahmi itu menyatakan, kontribusi Insan Pers selaku pilar kontrol sosial yang sangat dibutuhkan dalam konteks pengawalan perkembangan isu. 

Olehnya itu, Hj Megawati yang juga merupakan salah satu penasehat Dewan Pimpinan Wilayah Provinsi Sulteng Organisasi Profesi Media Independen Online Indonesia (MIO Indonesia), berharap kepada seluruh komponen masyarakat, tidak terkecuali para pejabat publik, khususnya dilingkup Pemkab Morut untuk senantiasa membangun sinergitas dengan Insan Pers. 

“Pers itu merupakan salah satu mitra institusi pemerintah. Olehnya itu, Pers dalam kapasitasnya sebagai salah satu institusi mitra yang memiliki tugas dan fungsi melakukan kontrol terhadap kebijakan publik, harus diberikan ruang yang cukup dan diapresiasi. Bukan sebaliknya”, tutur Hj Megawati. 

Selain itu, Hj Megawati juga menyatakan, dalam upaya melakukan upaya perubahan dalam perspektif pembangunan potensi daerah, menuju ke arah lebih baik, peran Insan Pers sangat dibutuhkan. 

“Sebagai manusia biasa, fitrah kita tidak ada yang memiliki kesempurnaan. Pers dalam fungsinya, silahkan melakukan upaya sesuai peran dan fungsinya sebagai kontrol sosial, sebagaimana yang dimaksud dalam UU No.40 Tahun 1999”, ucap Srikandi Golkar yang juga merupakan Alumni Fisip Unhas Makassar itu. 

Hal yang lain kata Hj Megawati, dalam kapasitas selaku Ketua DPRD Morut, berharap kepada seluruh pejabat publik, khususnya di lingkungan Pemkab Morut,  agar tidak ada lagi yang alergi dengan kritikan. 

Sebaliknya,  Ia juga meminta kepada seluruh komponen masyarakat agar dalam melayangkan kritikan terhadap kebijakan pemerintah, seyogyanya disertakan dengan gagasan konstruktif dan tidak menyasar pribadi. 

“Kritikan itu sangat penting dalam membangun peradaban demokrasi,  akan tetapi keritikan itu seyogyanya bernilai edukasi yang konstruktif, konstitusional, proporsional, dan terukur. Saya suka dengan kritikan, tapi kritikan sifatnya membangun”, terangnya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here