Kendalikan Inflasi Daerah, Wabup Morut Minta Setiap Desa Tanam 1 Hektar Cabai

0
77

POSONEWS.ID – Wakil Bupati Morowali Utara H.DjiraK. SP.d memuka kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Bantuan Keuangan Khusus Desa dan Pengendalian Inflasi Daerah melalui Gerakan Penanaman 1 Hektar Cabai di Setiap Desa.

Kegiatan yang dihadiri oleh para Camat, Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ketua Karang Taruna, Tim Penggerak PKK Desa, Perwakilan Kelompok Tani, Kelompok Nelayan, Perwakilan UMKM serta Pendamping Desa dari 4 (empat) Kecamatan yang ada di Morowali Utara yakni Kecamatan Petasia, Petasia Barat, Petasia Timur dan Soyojaya ini dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (13/09/2022).

Dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera, maka Pemerintah Daerah telah mencanangkan sebuah program yaitu pemberian bantuan dana sebesar 300 juta untuk setiap desa. Bantuan ini diberikan kepada para kelompok usaha seperti UMKM yang ada di setiap desa untuk mengembangkan usaha yang dimiliki dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan. Oleh karena itu, pengelolaanya wajib diperhatikan dengan baik agar tepat sasaran.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menegaskan kepada setiap kepala desa agar program pemberian bantuan dana ini dapat disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat yang ada di desa. Masyarakat yang memiliki usaha dapat segera mengajukan proposal ke Kepala Desa untuk selanjutnya di analisis oleh Tim Morut Sejahtera.

Terkait pengendalian inflasi daerah, Wakil Bupati berharap program penanaman cabai 1 hektar untuk setiap desa ini dapat berjalan dengan baik. Penanaman 1 hektar cabai untuk setiap desa yang dimaksud tentu saja sangat berkaitan erat dengan program Morut Gempar (Gemar Memanfaatkan Pekarangan). Penanaman cabai ini tidak harus berpusat pada satu titik lahan, namun dapat tersebar di beberapa titik yang ada di desa bahkan di pekarangan rumah sekalipun dapat dilakukan. Peran tim penggerak PKK sangat di butuhkan serta diaharapkan dapat memberi kontribusi yang besar dalam program ini.

“Kepada seluruh kepala desa, kami harapkan agar dapat disosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Kami ingatkan sekali lagi, program bantuan 300 juta untuk setiap desa ini bukan program bagi-bagi uang. Tetapi ini merupakan program yang benar-benar memfokuskan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat, sehingga pengelolaannya harus dapat dipertanggung jawabkan dengan baik oleh para penerima bantuan”, tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Tim Morut Sejahtera dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Nampak hadir mendampingi Wakil Bupati yakni Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Victor A Tamehi, Kadis PMD Drs. Andi Parenrengi, Kadis Pertanian dan Pangan Daerah Abbas Mato’ori SP, MM, Wakil Ketua TP-PKK Morut Widyawati M. Djira.(CHEM/Komimfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here