YPAL Dukung Rencana Aksi Daerah Percepatan KLA

0
102

POSONEWS.ID – Yayasan Panorama Alam Lestari (YPAL) bersama Save The Children mendukung perencanaan aksi daerah untuk mewujudkan percepatan Kabupaten/kota Layak Anak (KLA) di Kabupaten Poso.

Direktur YPAL Poso, Yopi Hary mengatakan, KLA harus mempunyai sistim pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan.

“Hal itu untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak,” kata Yopi saat membawakan materi di workshop program KLA yang diselenggarakan di aula Bapelitbangda Poso, Kamis (21/7/2022).

Selain itu lanjut Yopy, untuk mencapai tujuan KLA maka dibentuk 8 (delapan) indikator Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), dalam penguatan kelembagaan, desa/kelurahan ramah anak yang didukung oleh dana desa.

“Sehingga dengan terbentuknya PATBM, kita akan melihat apa regulasi kedepanya terkait KLA ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bapelitbangda Poso, John Yus Madoli dalam materinya menyebutkan, bahwa kegiatan yang dilakukan YPAL Poso sejalan dengan apa yang sedang dilakukan pemerintah daerah. Yaitu, mewujudkan Kabupaten/kota Layak Anak.

Dimana, kata dia, seluruh kabupaten/kota bahkan provinsi diperintahkan oleh perpres untuk merujuk kepada konsep KLA itu.

“Kalau untuk di Kabupaten Poso, kami sedang menyusun database KLA, Rencana Aksi Daerah serta koordinasi rutin,” paparnya.

Dikatakannya, masalah anak atau KLA merupakan primadona dari seluruh dunia yang bukan saja hanya Indonesia secara nasional tetapi juga secara internasional.

Sehingga dalam pengembangan serta mewujudkan KLA di Kabupaten Poso, pemerintah melakukan strategi yang disebut pemenuhan hak anak (puha).

“Yaitu upaya bagaimana mengintegrasikan disebuah kegiatan terhadap anak anak itu sendiri,” tandasnya.(Isq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here