Wabub H.Djira Hadiri Apkasi Otonomi Expo 2022 di Jakarta, Morut Promosikan Peluang Investasi Pertambangan Nikel

0
86

POSONEWS.ID – Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira, K. S.Pd, M.Pd, menghadiri Apkasi Otonomi Expo 2022 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu (19/7).

Apkasi Otonomi Expo (AOE) 2022 ini dibuka Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan dihadiri antara lain Menteri BUMN Eric Tohir, Gubernur DKI Anis Baswedan, serta para bupati/wabub se-Indonesia.

Semua kabupaten mempromosikan peluang investasi masing-masing daerah sesuai potensinya masing-masing pada pameran yang fokus di sektor Perdagangan, Wisata dan Investasi itu.

Wakil Bupati Morut H. Djira usai mengikuti acara tersebut mengemukakan bahwa Morut dengan dukungan PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) mempromosikan peluang investasi sektor pertambangan.

Investasi sektor pertambangan ini akan memicu tumbuhnya investasi di sektor lainnya baik sektor produksi maupun jasa-jasa, terutama skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kabupaten Morut akan membuka pintu bagi para investor masuk daerah ini, sehingga Morut tetap memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan ekonomi, sesuai dengan tujuan dan sasaran pelaksanaan Apkasi Otonomi Expo ini,” ujar H. Djira yang didampingi Heince F. Tumbel dari Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemkab Morut.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulteng, pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Morut yang negatif, bisa naik signifikan menjadi 10,42 persen, jauh di atas pertumbuhan ekonomi nasional 5 persen.

Sedangkan realisasi investasi yang ditargetkan Rp4,8 triliun pada 2021, bisa direalisasikan Rp11 triliun lebih atau 254 persen.

Dalam AOE 2022 yang bertema pulihkan ekonomi daerah melalui jaringan global ini, Morut membuka stand pameran yang menyajikan produk-produk hasil industri (smelter) yang mendapat banyak kunjungan dan pertanyaan para pengunjung.

Sementara itu Dadan Darmawan yang mewakili manajemen PT. GNI menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Morowali Utara yang terus berupaya menciptakan iklim investasi yang kondusif serta pelayanan birokrasi yang sangat baik sehingga semua aktivitas GNI berjalan baik.

“Para investor khususnya GNI bersinergi dengan baik dan positif dengan Pemkab sehingga semua kegiatan kemasyarakatan di sekitar area operasional investor berjalan baik dan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

AOE Expo 2022 ini akan berlangsung sampai 23 Juli 2022. (MC/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here