Jalan Rusak, Warga Desa Lanumor Minta Perhatian Pemerintah

0
104

POSONEWS.ID – Kondisi semakin memprihatinkan terjadi di jalan desa yang menghubungkan Desa Lanumor dengan Desa Ensa, Kecamatan Mori Atas, Kabupaten Morowali Utara. Ruas jalan yang panjangnya sekitar kurang lebih enam kilo meter, yang menjadi akses utama 300 kepala keluarga tersebut memang dalam kondisi semakin rusak parah dan berlubang. Hingga saat ini pengeluhan warga lewat media sosial juga sangat ramai diunggah diakun-akun warga.

Terlebih jika saat musim penghujan seperti sekarang ini, tentu lebih banyak warga yang mengeluhkan jalan tersebut saat melintasinya pasti akan menemukan genangan kubangan yang ada dimana-mana sepanjang ruas jalan tersebut. Hal tersebut sudah dibiarkan bertahun-tahun, bukankah jalan tersebut sangat membahayakan bagi para pengendara.

Keterangan Warga Desa Lanumor dan warga sekitarnya khususnya pengguna jalan, Limbret Tangku (38) mengharapkan agar akses jalan tersebut segera dibangun. Menurutnya jika belum ada program untuk pengaspalan setidaknya melalui timbunan atau hamparan pasir domato sudah cukup untuk sementara waktum. Karena jalan tersebut merupakan akses untuk perputaran roda perekonomian Desa Lanumor dan desa Ensa.

“Kami warga tidak mengharapkan uang atau yang lain, namun mengharapkan akses jalannya dibangun bukannya dibiarkan rusak parah bertahun-tahun lamanya. Sebelumnya kami warga masyarakat sudah berulang kali untuk kerja bakti dijalan ini, hinga mengumpulkan dana secara swadaya, tapi apalah daya kemampuan kami masyarakat sangat terbatas,” ungkapnya.

Warga sangat mengharapkan kepada pemerintah daerah bupati dan DPRD atau dinas PUPR, agar jalan tersebut segera dibangun. Sebab akses jalan yang layak merupakan hak bagi seluruh masyarakat dan memiliki banyak fungsi yang cukup vital, untuk berlangsungnya roda kehidupan masyarakat.

“Hal itu patut jadi perhatian bagi semua pihak yang memiliki wewenang yakni Dinas PUPR. Karena akses jalan tersebut merupakan akses jalan utama dari dua desa diantaranya Desa Lanumor dan Desa Ensa,” tambahnya.

Ditambah lagi jika masyarakat akan membawa hasil panen atau akan melaksanakan perjalanan menuju kantor kecamatan atau pun ke kabupaten untuk berurusan, sudah banyak yang jatuh dan kendaraannya rusak. Terlebih lagi sebelumnya sudah ada kejadian ibu yang sempat melahirkan dijalan ini ketika hendak ke Puskesmas.

“Apalagi kalau ada yang sakit itu menghambat perjalanannya dan mengakibatkan harus diusung karena kondisi jalan tidak dapat dilalui kendaraan. Selain itu akses jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan untuk perputaran roda perekonomian,” tutupnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Kabupaten Morowali Utara, Destuber Matoori saat dikonfirmasi media ini terkait kondisi jalan tersebut mengatakan, untuk tahun ini memang belum ada masuk dalam penggangaran pekerjaanya.

‘Karena itu kami minta warga untuk bersabar, kita upayakan untuk tahun berikutnya anggaran perbaikan jalan tersebut sudah dialokasikan,” jelasnya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here