Jelang Idul Adha Stok Hewan Kurban di Poso Menurun

0
103
Kasi Kesmavet (Kesehatan Masyarakat Veteriner) Jupri M.MAA, SP. (Foto:Ishaq)

POSONEWS.ID – Menjelang Hari Raya Idul Adha 2022, persediaan hewan kurban di Kabupaten Poso menurun.

Hal itu dikatakan Jupri selaku Kepala Seksi (Kasi) Kesmavet, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Poso, saat ditemui media ini di ruang kerjanya, Kamis (16/6/2022).

Disampaikannya, untuk stok hewan kurban di Kabupaten Poso saat ini tidak seperti tahun tahun sebelumnya, dikarenakan situasi dan kondisi saat ini.

Diantara faktor penyebabnya, karena kurangnya hewan ternak dan juga faktor ekonomi masyarakat yang disebabkan pandemi Covid-19.

“Meski demikin, stok hewan kurban pada hari raya Ied nanti tetap ada. Hanya saja jumlahnya tidak seperti tahun tahun sebelumnya,” terangnya.

Dia juga mengungkapkan, bahwa seminggu sebelum penyembelihan hewan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan ternak secara antemortem, untuk memastikan kesehatan hewan kurban tersebut.

“Karena ini menyangkut konsumsi masyarakat, maka kami akan melakukan pengawasan serta pemeriksaan hewan kurban untuk memastikan daging yang dihasilkan aman, sehat, utuh dan halal,” ungkapnya.

Apalagi, sambung Jupri, ada penyakit yang lagi tren sekarang ini di pulau Jawa. Yakni virus PMK pada Sapi. Umumnya penyakit tersebut bersifat akut dan menular.

“Sekalipun di wilayah Kabupaten Poso virus tersebut belum terdeteksi, namun kami tetap mengantisipasinya,” tandasnya. (Is)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here