Nelayan di Tolitoli Hilang, Basarnas Turunkan Tim Lakukan Pencarian

0
85

POSONEWS.ID – Seorang nelayan asal Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah dilaporkan hilang saat memancing di perairan laut Desa Ogogasang Kecamatan Dondo.

Laporan hilangnya seorang nelayan tersabut berasal dari Sekretaris Desa (Sekdes) Dondo, Andika kepada Basarnas setempat.

Kepala Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu, Andrias Hendrik Johannes menyebutkan, pihaknya mendapat laporan dari Sekdes Dondo pada Selasa, 24 Mei 2022 Jam 19.00.

Atas laporan itu kata Hendrik tim rescue Basarnas kemudian menuju lokasi kejadian pada Rabu, 25 Mei 2022 pukul 09.00 Wita.

“Lokasi kejadian Sementara Koordinat: 0°55′.38.37″ U 120°28’50.03″ T berjarak 159 KM Heading 252° Arah Barat Laut dari Unit Siaga pencarian dan pertolongan Tolitoli,” kata Hendrik, Rabu (25/5/2022).

Hendrik menjelaskan, adapun kronologis kejadian yakni pihaknya menerima laporan dari Sekdes Dondo Andika yang menyebutkan pada Senin 24 Mei 2022, seorang nelayan atas nama Langgang (60th), pergi memancing menggunakan perahu, kemudian terjadi gelombang yang mengakibatkan korban jatuh ke laut dari perahu.

“Perahu korban ditemukan oleh nelayan lain pada Senin (24/5) sekira pukul 23.00 Wita dalam keadaan kosong,” sebutnya.

Dia menambahkan, tim SAR Gabungan berjumlah 5 personil menuju lokasi kejadian menggunakan rescue car untuk melakukan pencarian dan pertolongan kepada korban.

“Unsur SAR yang terlibat yakni Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Tolitoli 5 Orang dengan mnggunakan peralatan berupa LCR, Rescue Car, Peralatan Komunikasi, Peralatan Medis, APD COVID 19 dan Alat Pendukung SAR lainnya.

“Setibanya di lokasi kejadiam tim SAR Gabungan melakukan koordinasi dengan pemerintah desa setempat dan keluarga korban dan langsung menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian dan pertolongan,” tandasnya.(RHM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here