Antisipasi Longsor, Warga Ensa Gotong Royong Perbaiki Tanggul Sungai Korompeli Poongku

0
108

POSONEWS.ID – Sungai Korompeli Poongku yang berada didusun 3 sepanjang -+50 meter di Desa Ensa Kecamatan Mororowali Atas , kini kondisinya kritis dan rawan longsor.

Khawatir tambah parah dan mengancam perumahan warga, puluhan warga bersama anggota Linmas melakukan gotong royong untuk memperbaiki kondisi tanggul, Sabtu (30/4/22).

Salah seorang warga setempat, Yosep Santule mengungkapkan, intensitas hujan yang cukup tingi hinga debit air Sungai Koropoongku yang sempat tinggi mengakibatkan pingiran sungai tersebut longsor. Karena derasnya arus sungai, dengan cara memancang tiang pagar bambu masyarakat setempat bergotong royong memancang tiang diperkuat dengan ratusan batang bambu yang ditanam.

“Longsornya pinggiran sungai itu sebenarnya sudah terjadi lama. Awalnya hanya longsor sekitar 5-10 meter, tetapi saat air sungai meluap bertambah panjang menjadi 50an meter,” ujarnya.

Bahkan kata dia, kondisinya hampir setiap minggu mengalami perubahan. Semula lebarnya mencapai 10 meter, dengan kondisi bantaran sungai yang lebarnya juga 6 meter. Namun sekarang sudah melebar hinga 10an meter.

“Sekarang sudah melebar, sehingga kami khawatir semakin hari akan mengancam rumah warga yang ada di pingiran sungai. Makanya, kami berinisiatif memperkuat melalui gotong royong,” ucapnya.

Kendati sudah dilakukan perbaikan secara darurat, pihaknya berharap ada perbaikan permanen dari pemerintah. Sehingga, warga tidak lagi khawatir.

“Kita harapkan ada perbaikan permanen dari pemerintah untuk masalah ini,” terangnya.

Sementara itu, Kades Ensa Yankee Ferdinan Suade mengatakan, terkait kondisi itu pihaknya sudah berkoordinasi dengan BPBD Morowali Utara. Bahkan pihaknya juga telah menurunkan tim untuk membantu warga dalam penanganan kerusakan akibat longsor tersebut.

“Sudah kita koordinasikan dengan pihak terkait. Dengan harapan, nantinya ada perbaikan permanen terhadap pancangan bambu darurat di sungai tersebut,” pungkasnya. CHEM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here