ADD se-Kabupaten Morut Dipastikan Cair Sebelum Libur Lebaran

0
106
Foto: Andi Parenrengi

BETELEME, POSONEWS – Kegundahan para Kepala Desa dan perangkat-perangkat desa se-Kabupaten Morowali Utara terkait pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2022 terjawab sudah.

“Mulai besok, pencairan akan dimulai dan ditargetkan selesai sebelum liburan Idul Fitri 2022,” kata Bupati Morowali Utara Delis J. Hehi kepada Media Center Delis Djira (MCDD) usai buka puasa bersama dengan rohaniawan muslim dari Kecamatan Lembo dan Lembo Raya di Beteleme, Senin (25/4) malam.

Bupati yang didampingi Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa Andi Parenrengi mengatakan bahwa semua desa yang sudah memenuhi persyarakat administratif akan segera menerima pencairan ADD.

Selain pencairan ADD, Delis juga mengatakan bahwa tunjangan perbaikan penghasilan (TPP) bagi seluruh aparatur sipil akan cair sebelum libur Idul Fitri nanti.

“Kalau di kantor kami, TPP sudah cair untuk bulan Januari dan Februari,” kata Andi Parenrengi.

Andi mengakui bahwa keterlambatan pencairan ADD 2022 terjadi karena terlambatnya persetujuan Pemerintah Provinsi Sulteng atas Peraturan Bupati (Perbub) Morut tentang pencairan ADD.

“Saya kawal langsung urusan pengkajian Perbub ini di Pemprov Sulteng. Ternyata, saya mendapat informasi bahwa setiap kabupaten di Sulteng mengajukan rata-rata enam Perbub ke Pemprov, sementara tim pengkaji hanya satu orang,” ujar Andi.

Alhamdulillah, kata dia, semua urusan perbub ini bisa diselesaikan sehingga pencairan dana ADD tidak akan terkendala lagi.

“Saya itu sudah komitmen, bila dana ADD ini tidak cair sebelum Lebaran, maka saya akan mengundurkan diri dari jabatan ini sebagai bentuk pertanggungjawaban saya, sebab ini adalah tugas dan tanggung jawab saya,” ujar Andi lagi.

Dana ADD yang akan cair dalam beberapa hari ini adalah untuk triwulan I Tahun 2022, sedangkan Dana Desa (DD) sudah cair 100 persen.

“Saya sudah informasikan kepada seluruh kepala desa melalui grup Whatsapp agar mulai besok mengurus pencairan ADD masing-masing di Kantor Bupati Morut,” ujarnya. (MC/CHEM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here