PT. PE Bayarkan 100 Persen Kompensasi Ke Petani Terdampak Disekeliling Danau

0
93

Poso – PT Poso Energy (PE) menuntaskan pembayaran kompensasi tahap 2 terhadap petani sawah yang terdampak aktivitas PLTA PE 515 MW yang tersebar di 16 Desa 4 Kecamatan disekeliling Danau Poso.

Penuntasan pembayaran kompensasi 100 % ini, sebagaimana komitmen PE pada awal Februari 2022 bahwa kompensasi tahap 2 akan digulirkan di bulan Maret.

Menurut Agus Syamsi selaku Koordinator Penanganan Dampak Keliling Danau, bahwa beberapa petani yang sebelumnya menolak menerima kompensasi. Akhirnya bersedia dan telah dibayarkan nilai kompensasinya dalam suasana yang damai di bulan Ramadhan ini, termasuk Desa Meko yang satu per satu warganya mulai bersedia menerima kompensasi dari perusahaan.

“Dalam proses verifikasi lahan persawahan yang terdampak, perusahaan memanfaatkan teknologi foto udara citra satelit resolusi sangat tinggi, dan foto drone sebagai data pembanding dengan data lapangan,” kata Agus, Kamis (21/4).

Hal inilah yang ikut mempercepat proses realisasi kompensasi tahap 2 karena petani juga sudah melek teknologi.

Diharapkan dengan selesainya pembayaran kompensasi tahap 2 yang mencapai nilai Rp 13 Miliar Rupiah, maka proses penyelesaian jangka panjang akan bisa segera dilakukan.

“Kerjasama dengan PPL, perangkat desa, kecamatan, tokoh Adat dan tokoh masyarakat menjadi tumpuan perusahaan dalam penyelesaian jangka panjang,” kuncinya.

Sebelumnya, PE telah memberikan kompensasi tahap 1 sejak Juli sampai dengan Desember 2021, untuk kejadian tahun 2020, terhadap petani yang sawahnya tergenang di 16 desa serta ternak kerbau dan sapi yang mati di ladang gembala di Desa Tokilo.

Di awal tahun 2022 tepatnya Februari 2022, PT Poso Energy sedang menjalankan proses pemberian kompensasi tahap 2 yakni untuk kejadian tahun 2021 dengan progress capaian 95 persen.

Pemberian kompensasi tahap 2 dilakukan dengan mekanisme transfer ke rekening bank masing-masing petani, dengan total dana kompensasi diklaim Rp 9 miliar.(IS/HMS PE)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here