Forum Komunikasi Bagian Pembangunan se Sulteng Digelar di Morut, Djira: Gerak Cepat Menuju Sulteng Yang Lebih Sejahtera

0
Foto: Wakil Bupati Morut H.Djira K memukul gong tanda dimulainya Forum Komunikasi Biro/Bagian Pembangunan se Sulteng yang dipusatkan di Bumi Tepo Asa Aroa (Dok.MC)

KOLONODALE, POSONEWS – Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K, S.Pd, M.Pd mendampingi Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Provinsi Sulawesi Tengah Drs.Arfan M.Si membuka Kegiatan Forum Komunikasi Biro/Bagian Pembangunan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Tengah di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali Utara, Senin (28/03/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan Kinerja Melalui Peranan Tugas dan Fungsi Bagian Pembangunan Guna Mewujudkan Sinergitas Dan Sinkronisasi Pelaksanaan Pembangunan Untuk Bergerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Yang Lebih Sejahtera” ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari dari tanggal 28-29 Maret 2022.

Dalam laporan panitia pelaksana yang dibacakan oleh Robert Napitupulu selaku Kasubag Pengendalian APBN Provinsi Sulawesi Tengah, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan inspirasi kepada Kabupaten/Kota mengambil perannya masing-masing dalam mensinergikan program dan kegiatan yang dapat mendorong serta menjaga stabilitas dan mengakselerasi pembangunan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Morowali Utara H. Djira K. S.Pd, M.Pd menyampaikan beberapa program yang sudah dan sedang dilaksanakan oleh Pemda Morowali Utara diantaranya yaitu program BPJS gratis untuk seluruh masyarakat, pendidikan gratis untuk SD dan SMP serta pemberian beasiswa untuk mahasiswa, pemberian insentif kepada para rohaniawan, dan pemberian modal usaha bagi setiap desa sebesar Rp. 300.000.000,- (Tiga Ratus Juta Rupiah).

Selain itu Pemerintah Daerah juga sudah bekerja sama dengan pihak Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membuat rancangan penataan kota Kolonodale. Apabila dalam waktu dekat rancangan tata kota sudah dirampungkan, maka akan segera dilaksanakan perencanaan anggaran yang matang agar pembangunan nantinya dapat dilaksanakan secara tuntas. Beberapa sektor prioritas seperti pertanian, perikanan serta pariwisata juga tengah menjadi fokus Pemerintah Daerah saat ini.

“Sekali lagi kami ucapkan selamat datang kepada para peserta di Bumi Tepo Asa Aroa, di kota Kolonodale. Kami berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bukan hanya untuk daerah kita masing-masing tapi juga dapat memberi manfaat bagi Provinsi serta mewujudkan visi misi Provinsi Sulawesi Tengah yaitu Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Lebih Maju dan Lebih Sejahtera”, pungkasnya.

Selanjutanya, sambutan dari Gubernur Sulawesi Tengah yang di bacakan oleh Drs. Arfan M.Si selaku Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Provinsi Sulawesi Tengah dimana Gubernur berharap kegiatan ini dapat terselenggara dengan lancar serta para peserta mampu menerima materi yang disampaikan oleh narasumber dengan baik.

Serupa dengan program dari Pemda Morut, ternyata Pemprov Sulteng juga tengah melaksanakan program kesehatan dan pendidikan gratis bagi masyarakat. Selain itu ada juga pemberian bantuan dana 100 Milyar per Kabupaten baik berupa program atau kegiatan maupun pembiayaan. Serta ada pula program pengentasan kemiskinan melalui program “Bantu”.

“Kepada seluruh peserta, semoga dapat mengikuti kegiatan ini secara sungguh-sungguh dan pro aktif. Kami berharap kegiatan ini dapat melahirkan ide dan konsep yang cerdas guna meningkatkan sinergitas dan menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan untuk kelancaran tugas-tugas pemerintahan dan pengelolaan administrasi pembangunan serta memberikan kontribusi yang positif terhadap masyarakat di Sulawesi Tengah”, ungkapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemukulan Gong dilanjutkan pemberian cendera mata serta pemaparan materi secara virtual oleh berbagai narasumber.

Nampak hadir mendampingi Wakil Bupati yakni  Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Arfan M.Si, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pembangunan Kabupaten Sigi Ma’mun Maragau, Kacabjari Kolonodale diwakili oleh Sofyan SH, beberapa pejabat Eselon II dan III lingkup Pemda Morut, serta dihadiri oleh Kasubag Sekretariat Daerah/Provinsi beserta jajarannya dan Kepala Bagian Pembangunan di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah beserta jajarannya. CHEM

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here