Lapangan Tembak dan Panahan Lanal Palu Diresmikan

0
- Advertisement -

PosoNews.id, Palu – Karangan bunga yang berjajar di tepian pagar Mako Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu dengan bertuliskan “Selamat Atas Peresmian Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele Mako Lanal Palu” dimana tepat pada hari ini Minggu pagi 20 Maret 2022 diresmikian oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL VI Makassar, Laksma TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP.

Pangkalan TNI AL Palu yang saat ini dikomandani oleh Kolonel Marthin Luther Ginting, M.Tr.Hanla benar-benar telah berhasil mewujudkan impian memiliki sarana lapangan tembak sebagai fasilitas untuk mendukung latihan.

Selain itu, lapangan tembak juga sebagai fasilitas latihan olahraga panahan sebagai sarana pembinaan atlit-atlit panahan Provinsi Sulawesi Tengah juga mencetak atlit panahan menuju Kejurnas Pekan Olah Raga Nasional (PON) bahkan ke tingkat Internasional dengan mengadakan seleksi melalui Kejurda Panahan Provinsi Sulawesi Tengah dengan menggunakan Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele Mako Lanal Palu.

Lapangan Tembak Amiruddin Ponulele Mako Lanal Palu yang telah selesai dibangun pada masa kepemimpinan Komandan Lanal Palu, Kolonel Martin Luther Ginting, M.Tr.Hanla memiliki tiga blok, diantaranya untuk menembak laras pendek, menembak laras panjang dan untuk panahan.

- Advertisement -

Komandan Lantamal VI Makassar yang tiba di Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele Mako Lanal Palu pada pukul 09.00 Wita disambut Komandan Lanal Palu beserta Perwira Staf Lanal Palu dengan telah pula siap sebelumnya hadir di lokasi undangan diantaranya Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Kasat Pol PP Provinsi Sulteng Drs. Mohamad Nadir, M.Si, Forkopimda Sulawesi Tengah, Kepala Instansi TNI-Polri di wilayah Sulawesi Tengah maupun Kota Palu, perwakilan dari Pemerintahan Kota Palu, mitra Lanal Palu juga dari tokoh adat dan tokoh masyarakat Kelurahan Watusampu, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu dimana letak berdirinya Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele Mako Lanal Palu yang diresmikan oleh Komandan Lantamal VI Makassar.

Tidak berselang lama setelah kehadiran Komandan Lantamal VI Makassar, kegiatan peresmian pun dimulai. Pembukaan peresmian pertama kali di tampilkan tarian daerah “Puele Cinde” adat Kaili oleh anggota Jalasenastri Cabang 4 Korcab VI DJA II dibawah asuhan Ketua Jalasenastri Cabang 4 Korcab VI DJA II Ny. Christy Normawati Ginting dilanjutkan sambutan Komandan Lanal Palu dengan menyampaikan beberapa hal di hadapan Komandan Lantamal VI Makassar dan para undangan tentang pembangunan dan peresmian Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele, juga tentang pemakaian nama Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele yang berasal dari nama salah satu mantan Komandan Lanal Palu tahun 1994 yang berasal dari Putra Daerah Kota Palu.

Usai sambutan Komandan Lanal, Komandan Lantamal VI Makassar juga berkesempatan memberi sambutan dengan memyampaikan beberapa hal, diantaranya ucapan apresiasi kepada Komandan Lanal Palu dengan terbangunnya Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele.

Komandan Lantamal VI Makassar menambahkan pada sambutannya tentang penggunaan lapangan tembak yang juga sebagai sarana olahraga panahan untuk masyarakat Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu yang akan mampu mendukung, memunculkan, serta pembinaan atlit-atlit panahan dari Provinsi Sulawesi Tengah, selain itu juga mampu meningkatkan sinergi antara Mako Lanal Palu dengan masyarakat Sulawesi Tengah.

“Apalagi di lokasi Lapangan Tembak dan Panahan juga dibagun tempat pertemuan dengan bangunan konsep Rumah Adat Kaili yang bertujuan selain sebagai simbol pelestarian budaya dan kearifan lokal, juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat pertemuan dan koordinasi dengan pemerintahan maupun Instasi samping,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Komandan Lantamal VI Makasar menyampaikan sudah terlaksananya pembentukan prajurit TNI AL di Satdik II Makassar yang kelak prajurit lulusan Satdik II Makasar akan ditugaskan kembali ke daerah yaitu satuan-satuan TNI AL di Wilayah Sulawesi Tengah dengan diakhiri tepuk tangan dari seluruh tamu yang hadir.

Acara peresmian dialanjutkan dengan penandatanganan Dokumen Hibah Pembangunan Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele dari Dirut PT. Sumber Karya Utama Rocky Mathianus kepada Komandan Lanal Palu sekaligus pemberian Sertifikat Penghargaan dari Komandan Lanal Palu kepada Rocky Mathianus.

Setelah pembacaan doa, kegiatan peresmian masuk ke acara inti yaitu pembukaan tirai papan tulisan Lapangan Tembak dan Panahan oleh Komandan Lantamal VI Makassar sekaligus dilaksanakan penandatangan prasasti Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele dilanjutkan pemotongan pita pelepasan balon oleh Komandan Lantamal VI Makassar yang menyimbolkan telah diresmikannya Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Mako Lanal Palu oleh Komandan Lantamal VI Makassar dan telah siap dipergunaan sebagai sarana Latihan untuk Pangkalan TNI AL Palu juga atlit panahan Sulawesi Tengah.

Selanjutnya Komandan Lantamal VI Makassar dengan didampingin Komandan Lanal Palu juga pejabat Forkopimda Sulteng dan undangan melaksanakan peninjauan Lapangan Tembak dan Panahan Amiruddin Ponulele sekaligus pelaksanaan menembak eksklusif oleh Komandan Lantamal VI Makassar dan Forkopimda.(*/DRM)

- Advertisement -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini