Siapakah Pemilik Kursi Definitif “Bos ASN” Morowali ?

0
Foto: Yusman Mahbub, Sitti Asma Ul Husna Syah dan Andi Irman

Oleh : Bambang Sumantri

Saat ini, posisi Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Morowali pasca diberhentikannya Mohammad Jafar Hamid, masih diduduki oleh Yusman Mahbub selaku Pelaksana tugas (Plt).

Dalam beberapa bulan kedepan, sudah dipastikan akan ada lelang jabatan orang nomor satu di Aparatur Sipil Negara (ASN) tingkat kabupaten.

- Advertisement -

Sejumlah nama telah mengerucut yang difavoritkan untuk menjabat Sekkab definitif. Ada tiga punggawa yang menjadi perbincangan di masyarakat maupun lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN), satu diantaranya adalah perempuan.

Nama pertama yang muncul adalah Yusman Mahbub, dimana saat ini ia dipercayakan menjabat sebagai Pelaksana tugas Sekkab Morowali.

Putra asli Bungku ini digadang-gadang menjadi calon terkuat karena memiliki historis sebagai pejabat andalan untuk mengelola pemerintahan, khususnya di lingkungan ASN.

Yusman Mahbub pernah menduduki sejumlah jabatan, diantaranya sebagai Camat Bungku Tengah, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, dan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), yang kemudian diberikan kepercayaan oleh Bupati Morowali, Taslim, sebagai Plt Sekkab.

Pejabat lain yang juga masuk menjadi tranding topic adalah Andi Irman, yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Morowali. Terbilang masih sangat muda, karirnya begitu cepat melejit karena prestasi selama menjabat di beberapa instansi.

Andi Irman pernah menjadi Camat Bumi Raya, Camat Bahodopi, Kabag Humas, Kabag Umum, Kepala Dinas Pelayanan Perizinan Daerah, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD), saat ini ia masih bertahan di kursi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Morowali.

Selain dikenal dengan karakter disiplin dan tegas, Andi Irman yang merupakan alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinangor ini, memiliki jiwa sosial yang sangat tinggi tanpa memilah dan memilih siapapun personnya.

Ia juga memiliki beberapa hobby untuk mengisi waktu luang diluar jam dinas, salah satunya adalah berkebun dan beternak sejumlah spesies hewan.

Meskipun masuk dalam salah satu nominasi calon “Bos ASN” di Morowali, Andi Irman tidak berharap banyak, karena baginya dalam jabatan apapun dirinya harus tetap ikhlas dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas mensukseskan program pemerintah yang dituangkan pada visi misi.

Sementara, satu pejabat lain merupakan perwakilan perempuan yang dikenal tangguh mengarungi tantangan sebagai pemimpin pada beberapa jabatan. Perempuan tersebut adalah Sitti Asma Ul Husna Syah atau yang akrab disapa Bunda Mima.

Bunda Mima pernah menduduki jabatan sebagai Sekretaris Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, kemudian diangkat menjadi Staf Ahli, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM hingga saat ini. Bunda Mima juga telah menyelesaikan kuliah S3 nya, dan berhak menyandang gelar Doktor, satu-satunya pejabat perempuan Morowali yang meyandang gelar Doktor. ***

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here